Melalui RUPSLB, Dirut Pertamina Elia Massa Manik Dicopot

0
189

Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB).PT Pertamina (Persero) yang berlangsung pada Jumat (20/4/2018), memutuskan untuk kembali merombak jajaran direksi PT Pertamina (Persero). Dalam perombakan tersebut, Dirut Pertamina Elia Massa Manik dicopot dari posisinya.

Deputi Bidang Usaha Pertambangan, Industri Strategis dan Media Kementerian BUMN Fajar Harry Sampurno mengatakan ada lima jajaran direksi yang dicopot, termasuk .Salah satu diantaranya Direktur Utama Elia Massa Manik.

“Bahwa telah dilakukan RUPS untuk Pertamina. Ibu menteri dalam RUPS telah membuat keputusan pemberhentian dengan hormat,” kata Fajar di Jakarta, Jumat (20/4/2018).

Adapun empat posisi lagi yang mengalami perombakan yakni Direktur Mega Proyek Pengolahan dan Petrokimia (MPP) Pertamina Ardhy N. Mokobombang, Direktur Pengolahan Toharso, Direktur Manejemen Aset Dwi Wahyu Daryoto, dan Direktur Pemasaran Korporat Muchamad Iskandar.

Fajar menuturkan bahwa pergantian direksi itu dilakukan bersama dengan Dewan Komisaris. Salah satu pertimbangannya, mempercepat dan memperkuat implementasi holding.

Selain itu perybahan dilakukan untuk meningkatkan pelayanan masyarakat, terkait dengan adanya perkembangan kondisi terakhir baik itu ada kejadian kecelakaan di pipa balikpapan, maupun adanya kelangkaan Bahan Bakar Minyak (BBM).

“Dengan direktur yang baru ini justru akan mempercepat proyek modifikasi kilang RDMP, pengalihan Kilang TPPI, holding dan dalam rangka pelayanan kepada masyarakat,” imbuhnya.

Adapun jajaran direksi yang dicopot adalah:
1. Elia massa manik, Direktur Utama
2. Much Iskandar, Direktur Penasaran Korporat
3. Toharso, Direktur Pengolahan
4. Dwi W Daryoto, Direktur Manajemen Aset
5. Ardhy N. Mokobombang, Direktur Megaproyek Pengolahan dan Petrokimia

Kemudian surat keputusan RUPS mengangkat:
1. Budi Santoso Syarif, Direktur Pengolahan
2. Basuk Trikora Putra, Direktur Pemasaran Korporat
3. Masud Hamid, Direktur Pemasaran Retail
4. M. Haryo Junianto, Direktur Manajemen aset
5. Heru Setiawan, Direktur Direktur Megaproyek Pengolahan dan Petrokimia
6. Gandhi Sriwidjojo, Direktur Infrastruktur
7. Nicke Widyawati, Plt Dirut sekaligus Dir SDM

Untuk diketahui, Elia Massa Manik sendiri baru dilantik 16 Maret 2017, kini diganti sementara oleh Nicke Widyawati sebagai Pelaksana Tugas Direktur Utama dan rangkap jabatan sebagai Direktur Sumber Daya Manusia Pertamina.