Rabu, 25 Mei 22

Mati Ketawa ala Pilkada DKI Jakarta

Foto bersama (wefie) calon gubernur dan calon wakil gubernur pada Pilkada DKI Jakarta 2017 saat berada di RSAL Mintohardjo menjadi viral. Adalah Anies Baswedan, cagub yang diusung Gerindra dan PKS, yang menginisiasi aksi foto bersama ini. Anies mengunggah di instagramnya dengan kata kunci Pilkada adalah kegembiraan, mari kita rayakan festival ini. Nah mari kita merayakan kegembiraan dengan humor seputar pilkada DKI Jakarta yang serasa pilpres ini.

Begitu Koalisi Cikeas mengumumkan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) berpasangan dengan Sylviana Murni ikut berkompetisi dalam Pilkada DKI Jakarta, di media sosial beredar meme bergambar Ibas, adik AHY. Dalam meme berjudul “Papa Jahat” itu ada tulisan: “Saya yang kuliah Ilmu Politik; Saya yang aktif di partai politik; Saya yang mantu mantan ketua partai politik; Kok mas Agus yang diusung jadi cagub DKI?”

Lelucon tak kalah viral dengan Papa Jahat adalah tentang KPAI (Komisi Perlindungan Anak Indonesia). Lelucon ini tentu agak kurang tepat pasalnya AHY sudah dewasa, bukan anak-anak lagi. Dikabarkan SBY dan Bu Anie akan dilaporkan ke KPAI karena mengekploitasi anaknya, “memaksa” keluar dari dinas militer untuk terjun ke politik. Lelucon sejenis antara lain: Hidup itu adalah pilihan (pilihan ayah).

Sejarawan muda cum wartawan, pengelola majalah Historia Bonnie Triyana menulis status di Facebooknya yang mendapat banyak like dan komentar. Bonnie ikut sedih AHY meninggalkan kemiliteran. Bonnie menulis: Saya ikut sedih karena kita sama-sama alumni taruna. Agus alumni Taruna Akmil, saya alumni Karang Taruna. Kolega Bonnie, wartawan senior Kompas Budiarto Shambazi menulis juga di Facebook: Seumur-umur saya menjadi wartawan mungkin sebentar lagi akan menulis mayor (purn)…..Selain itu, ada juga yang menulis: Sudah cocok mayor menjadi mayor (walikota).

Netizen memang kritis. Ada juga komentar di medsos yang mempertanyakan benarkah AHY telah mengabdi di TNI selama 16 tahun sejak lulus akmil tahun 2000? Bagaimana dengan masa studi di tiga perguruan tinggi prestisius saat AHY berdinas. Kalau itu tak dihitung wah enak tenan. Berapa uang negara yang dikeluarkan untuk kepentingan pendidikan sejak akmil sampai gelar berderet, namun sang perwira mengabdi di kemiliteran hanya sebentar?

Ini sebuah lelucon yang beredar di medsos yang menyayangkan Agus meninggalkan dunia militer. Dikisahkan pada suatu saat tiga generasi bertemu di sebuah rumah sakit untuk cek kesehatan. Tiga generasi satu keluarga itu adalah Sarwo Edhie Wibowo, Susilo Bambang Yudhoyono dan Agus Harimurti Yudhoyono. Namun, petugas rumah sakit mengatakan, “Maaf yang bisa general check up hanya pak Sarwo dan pak Bambang, pak Agus tak bisa karena mayor!”

Namun banyak juga yang mengapresiasi strategi SBY menghadapi masa depan politik di Indonesia. Simak status Facebook berikut ini: Warkop DKI Reborn dan SBY Reborn:
Film “Warkop DKI Reborn” Jangkrik Bos Part 1 memecahkan rekor jumlah penonton sepanjang masa: 5 juta! Film ini disutradarai Anggy Umbara dengan bintang Abimana Aryasatya (Dono), Vino G. Bastian (Kasino), dan Tora Sudiro (Indro).

Tampaknya fenomena ini mempengaruhi dunia politik. Pada Pilkada DKI 2017 Agus Harimurti Yudhoyono tampil menjadi salah satu cagub diusung Demokrat, PKB, PPP dan PAN. Muda 38 tahun dan meninggalkan karier militer selama 16 tahun dengan pangkat mayor. Banyak kalangan menilai munculnya AHY ibarat “SBY Reborn”. Jika Warkop DKI Reborn mampu memecahkan rekor penonton film nasional, mampukah “SBY Reborn” memenangi hati warga DKI Jakarta. Kita tunggu tanggal mainnya tahun depan.

Kembali ke foto wefie para cagub dan cawagub di RSAL Mintohardjo saat test kesehatan. Ternyata pada saat yang sedikit berbeda salah satu mantan calon kandidat gubernur DKI Jakarta juga diam-diam test kesehatan. Mari kita lihat hasilnya:

Rahasia: Hasil Tes Kesehatan Yusril Ihza Mahendra
Setelah para pasangan cagub DKI Jakarta melakukan cek kesehatan di RSAL MIntohardjo, Yusril Ihza Mahendra tak mau ketinggalan juga melakukan cek kesehatan. Siapa tahu ada cagub yang gagal kesehatannya, ia siap mengganti (ngarep dot com). Kali ini tak seorang pun awak media mengikuti kegiatan mantan Menkumham itu.

Namun ada seorang wartawan berhasil mendapatkan hasil tes kesehatan mantan bakal cagub DKI itu. Hasil tes kesehatan Yusril Ihza Mahendra beredar di beberapa grup WA. Berikut bocorannya:
– Paru-paru ada bayangan Mega
– Lever ada virus JK
– Kantong kemih tersumbat Jokowi
– Gula darah mengendap SBY
– Tensi darah ditekan Ahok

Meme tentang tiga cagub mulai bertebaran. Ada yang menulis, Jangan salah pilih. Pasangan yang asli adalah Agus-Sylviana. Yang lain pasangan sejenis alias LGBT. Tentang beragamnya etnis para cagub juga disoroti netizen. Ada yang mengunggah. Pilgub DKI Jakarta kali ini lengkap ada keturunan Cina, Arab dan Jawa. Namun ada juga sih pasangan keturunan Arab Italia: Anies Uno.

Meme yang menyoroti Anies juga banyak bertebaran. Pasalnya Anies dulu adalah tim sukses Jokowi-JK pada pilpres 2014. Beberapa komentar Anies tentang Prabowo diunggah kembali. Salah satunya mengenai kubu Prabowo yang oleh Anies dulu dicap mafia. Ya, kini Anies sudah di sarang mafia.

Tentang tiga nama beken cagub yang kebetulan berhuruf A: Ahok, Anis dan Agus, rupanya ada netizen yang iseng menulis begini. “Ada Ahok di atas atap dilempar apem dijawab amsyong. Ada Anis di atas altar dilempar apem dijawab alhamdulillah. Ada Agus di atas almari dilempar apem dijawab apa-apaan nih!”

Akhirnya tulisan ini saya tutup dengan lelucon seandainya ketiga cagub: Ahok, Anies atau Agus berhasil menjadi gubernur. Saat mereka jadi gubernur ternyata susah sekali ditemui warga Jakarta.

Warga: “Saya mau bertemu Gubernur Ahok”
Petugas: “Maaf, pak Ahok lagi rapat dengan pengembang reklamasi”
Warga: “Saya mau bertemu dengan Gubernus Anies”
Petugas: “Maaf, pak Anies sedang antar anaknya ke sekolah”
Warga: “Saya mau bertemu Gubernus Agus”
Petugas: “Maaf, pak Agus lagi ke Cikeas sedang minta izin mau kuliah S3”.

- Advertisement -
Berita Terbaru
Berita Terkait