Kamis, 1 Desember 22

Massa PKS, HTI dan FPI Demo Tolak Perppu 2/2017

BOGOR – Sekitar 400 massa dari 28 organisasi kemasyarakatan (ormas) dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) di Kota Bogor turun ke jalan menolak Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 2 Tahun 2017 tentang Organisasi Masyarakat, Kamis (20/7/2017) pagi. Membawa spanduk besar bertuliskan ‘Tolak Perppu’, beberapa perwakilan kelompok massa aksi melakukan orasi keberatan lahirnya payung hukum tersebut.

Aksi ini digelar, sebelum esok (Jumat, 21/7/2017) merekai akan bertolak ke Jakarta untuk mengikuti unjuk rasa yang sama di Masjid Istiqlal. Aksi yang didominasi oleh massa Hizbut Tahrir Indonesia (HTI), Front Pembela Islam, Mahasiswa Muslim Bersama Umat dan Mahasiswa Pembela Islam itu berlangsung di kawasan Tugu Kujang, Kota Bogor.

Koordinator Lapangan (Korlap) aksi, Ahmad Ramdani mengatakan, menolak keras terbitnya Perppu tersebut karena merugikan Ormas. Menurutnya, isi yang terkandung dalam Perppu tersebut dinilai sebagai alat legitimasi untuk membubarkan Ormas yang tidak sepaham dengan Pemerintah.

“Bagi ormas yang tidak sejalan dengan pemerintah berpotensi dibubarkan. Bahaya juga ketika tidak ada kontrol dari masyarakat,” tukasnya dalam orasi.

Rencananya, aksi tersebut akan kembali berlanjut ke Jakarta. Massa akan menuntut penolakan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 2 Tahun 2017 tentang Organisasi Masyarakat. Massa meminta pemerintah tidak membubarkan ormas.

“Poin yang kami khawatir dengan adanya Perppu ini, malah dijadikan alat legimitasi oleh pemerintah untuk membubarkan ormas yang tidak sepaham,” ujarnya.

Aksi tersebut ditutup dengan orasi Anggota Fraksi PKS Najamudin. “Saya mendukung penuh aksi yang menuntut penolakan atau pencabitan Perppu Nomor 2 Tahun 2017. Saya berani menjamin aksi ini akan berlangsung aman dan damai,” tuntasnya. (eko)

- Advertisement -
Berita Terbaru
Berita Terkait