Sabtu, 10 Desember 22

Luhut Panjaitan: Pembentukan BCN Sudah Tahap Final

Rencana pemerintah untuk membentuk Badan Cyber Nasional (BCN) terus bergulir. Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Luhut Binsar Panjaitan bahkan mengatakan tahapan pembentukan lembaga itu saat ini sudah final. 

“Ini akan segera selesai, saat ini kami sudah masuk tahap finalisasi,” ujar Luhut di Kantor Bawaslu, Jakarta, Kamis (14/7/2016).

Lebih jauh, Luhut memperkirakan, kehadiran BCN yang pembentukkannya sudah direncanakan sejak 2015 tidak akan lama lagi. 

Menurutnya, BCN sudah dapat dibentuk pada Agustus 2016.

“Mungkin bulan depan BCN sudah jadi,” katanya.

Seperti diketahui, pembentukan BCN sempat menimbulkan perbedaan pendapat antara Luhut Panjaitan dengan MenPAN-RB Yuddy Chrisnandy.

Pada kesempatan lain, Wakil Ketua Komisi I DPR, TB Hasanudin bahkan menyarankan pemerintah untuk mengajinya secara matang. Dalam kerangka itu, politisi PDI Perjuangan itu memberi lima catatan kepada pemerintah terkait BCN ini.

Kelima catatan itu meliputi leading sector, posisi dan kewenangan, urgensi pembentukannya dikaitkan dengan kondisi keamanan, dasar hukum atau UU yang mengaturnya, dan pentingnya prinsip kemandirian bangsa dalam pembentukannya.

Menunggu Koordinasi

Sementara itu, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan pembentukan BCN masih menunggu hasil koordinasi dari Kemenkopolhukam.

Rudi mengaku pihaknya sedang menyiapkan standardisasi untuk BCN pada tiga sektor strategis, yaitu bidang keuangan dan perbankan, transportasi, serta energi dan sumber daya mineral.

Standardisasi yang ditargetkan selesai pada September 2016 itu, akan mencakup tata cara atau proses bisnis dari masing-masing sektor, yang diadopsi dari standar internasional dan disesuaikan dengan kondisi yang berkembang di Indonesia. 

- Advertisement -
Berita Terbaru
Berita Terkait