Senin, 3 Oktober 22

Kuota Mudik Gratis Kemenhub Jalur Kereta Api Capai 74 Persen

Kementerian Perhubungan Republik Indonesia sebelumnya membuka mudik gratis untuk sepeda motor yang diangkut dengan kereta api, hingga saat ini kuotanya telah mencapai 74 persen.

“Sekarang sudah 74 persen, sekitar 11.600 motor yang akan diangkut. Bagi masyarakat yang ingin mendaftar masih kita buka kesempatan sampai 16 Juli,” ujar Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub Prasetyo Boeditjahjono usai memimpin upacara gelar pasukan angkutan Lebaran 2016 di Stasiun Besar Gambir, Jakarta Pusat, Jumat (24/6).

Prasetyo mengatakan, kuota mudik gratis untuk sepeda motor tahun ini meningkat tiga kali dibandingkan pada 2015, yakni dari 5.000 menjadi 15.000 sepeda motor.

Penambahan kuota tersebut, bertujuan mengurangi jumlah pemudik yang menggunakan sepeda motor untuk perjalanan jauh selama arus mudik dan balik Lebaran.

“Ini menunjukkan tekad pemerintah mengurangi risiko terjadinya kecelakaan yang tidak diinginkan,” ujar Prasetyo.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Pudji Hartanto mengemukakan telah menambah jumlah anggaran yang signifikan guna meningkatkan pelayanan program mudik gratis Lebaran 2016.

Kementerian Perhubungan menganggarkan dana Rp20 miliar atau meningkat empat kali dibandingkan 2015 untuk program mudik gratis.

Selain menurunkan angka kecelakaan, program mudik gratis akan mengurangi tingkat kemacetan lalu lintas.

- Advertisement -
Berita Terbaru
Berita Terkait