Senin, 27 Juni 22

Kuliner Yogyakarta Menyambut Pemudik dan Wisatawan

Yogyakarta sudah padat dibanjiri wisatawan yang memanfaatkan libur panjang, juga para pemudik yang transit sebelum melanjutkan perjalanan ke Jawa Timur.

Kuliner tentu yang akan pertama dicari selain penginapan. Dalam mencari penginapan/hotel, melakukan reservasi sebelumnya, jauh lebih baik dibanding reservasi mendadak (go show) saat tiba si Yogyakarta.

Kuliner di Yogyakarta selain gudeg yang merupakan masakan khas kota ini. Kita juga bisa menikmati masakan lainnya yang berasal dari wilayah sekitar Yogyakarta.

Sop Tengkleng Jalan Parangtritis

Pada bulan puasa, di siang hari kita bisa menikmati gudeg di sepanjang jalan Wijilan, atau bakso rusuk di jalan Adi Sutjipto. Untuk malam hari pilihan lebih beragam. Di sepanjang Maliboro saia, berbagai masakan bisa kita nikmati. Tapi saya akan ajak anda ke tempat lain, menikmati sop tengkleng yang di jual di warung tenda di pinggir jalan Parangtritis, dekat perempatan antara jalan Letjen Sutoyo dengan jalan Parangtritis. Rasanya sangat sedap dan jika kita suka/tidak suka pedas, kita bisa minta berapa banyak cabai yang kita inginkan dalam sop tersebut.

Harganya? Tergantung dari banyak isi sop yang kita inginkan. Sebagai gambaran, 1 ikat tengkleng (daging rusuk, daging dan kikil dengkul) harganya hanya Rp.12 ribu. Saya makan 2 ikat, itu porsi yang besar untuk orang yang sangat kelaparan, nasi dan teh manis, hanya keluar uang Rp. 30 ribu.

Jika kita punya cukup waktu,  setelah menikmati makan malam berat dan nikmat, akan “sangat berdosa” jika kita tidak mencari tempat lain untuk minum kopi atau teh dan suasana yang menyenangkan. Malam tadi saya mampir si sebuah restoran di Jalan Taman Siswa yang menempati rumah lama dengan taman di belakangnya. Ternyata restoran ini juga menyajikan life music yang menambah santai suasana.

Karena memang bukan spesialis di kopi (coffee shop), saya hanya bisa memesan secangkir kopi arabika Toraja yang disajikan dengan penyeduhan biasa, dengan 1 porsi pisang goreng sebagai temannya. Tapi tempat ini cukup nyaman untuk dinikmati sebelum istirahat malam

- Advertisement -
Berita Terbaru
Berita Terkait