Kamis, 1 Desember 22

KPK Sebut Status Ka’bil Saksi Namun Keberadaannya Masih Misteri 

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membenarkan bahwa mantan Wakil Ketua Komisi B Jawa Timur Ka’bil Mubarok, kini menjadi saksi. Status Ka’bil saksi atas kasus sangkaan suap Ketua Komisi B DPRD Jawa Timur Moch Basuki. Hal tersebut diungkapkan oleh Juru Bicara KPK Febrian Diansyah. Menurutnya Ka’bil akan diperiksa sebagai saksi.

Selain itu, Febri juga membenarkan, bahwa KPK telah menggeledah rumah Ka’bil Mubarok di Sidoarjo Rabu (7/6/2017). “Kediaman anggota dewan yang digeledah KPK, saat ini statusnya sebagai saksi,” ujar Febri lewat pesan tertulisnya (9/6/2017).

Dalam penggeledahan, KPK menyita beberapa barang bukti, alat elektronik komunikasi, dokumen, hingga uang. Hanya saja tidak ada keterangan berapa jumlah uang yang dimaksud oleh pihak KPK. KPK hanya memberi keterangan, bahwa barang bukti tersebut telah diamankan.

Sekadar diketahui, saat itu rumah Ka’bil. memang satu di antara lima tempat yang digeledah oleh KPK. Selain rumah Ka’bil, KPK juga menggeledah DPRD Jatim (termasuk ruangan pribadi Ka’bil), Dinas Peternakan, Dinas Pertanian, dan Kediaman M Basuki.

Pada penggeledahan tersebut, KPK menyita beberapa barang bukti. Di antaranya, dokumen, alat komunikasi elektronik, hingga uang. Saat ini, barang bukti tersebut telah diamankan ke kantor KPK di Jakarta.

Sementara itu, keberadaan Ka’bil yang sekarang menduduki sebagai anggota komisi E DPRD Jawa Timur masih misteri.  Bahkan sebagian anggota DPW PKB Jawa Timur, sekolega dengan Ka’bil di partai, mengaku kesulitan menghubungi.

- Advertisement -
Berita Terbaru
Berita Terkait