Selasa, 7 Februari 23

KP Yudistira 8003 Akan Bantu Polda Kepri Dalam Pengamanan Perairan Perbatasan

Kekuatan Kepolisian Daerah (Polda) Kepuluan Riau (Kepri) akan bertambah setelah Sabtu 15 Juni 2019, Kapal Polisi (KP) Yudistira 8003 bersandar di Pelabuhan Batu Ampar-Kota Batam. KP Yudistira 8003 adalah salah satu kapal yang diresmikan Kapolri pada HUT Polairud 1 Desember 2018.

Kapal ini memiliki ukuran 73 meter dan lebar 11,35 meter dan memiliki kecepatan mesin 18 knot dengan bobot 1000 ton. Diketahui, KP Yudistira 8003 bertolak dari dermaga Tanjung Priok Jakarta pada tanggal 12 Juni 2019 dan menempuh perjalanan selama 47 Jam menuju Batam dengan membawa 30 awak kapal dan diantaranya 12 Polwan.

Dirpolair Baharkam Polri Brigjen Pol. Drs. Lotharia Latif dalam sambutannya menuturkan bahwa lautan adalah bagian dari kehidupan bangsa Indonesia. Hal itu juga sejalan dengan visi misi Presiden Republik Indonesia Joko Widodo yakni menjadikan Indonesia sebagai poros Maritim Dunia.

“Kita sudah terlalu lama memunggungi lautan maka ke depan kita harus menjadikan lautan ini bagian dari kehidupan bangsa Indonesia” ujar Brigjen L Latif , Sabtu (15/6/2019).

Sementara itu, Kapolda Kepulauan Riau Irjen Andap Budhi Revianto berharap, KP Yudistira 8003 nantinya akan dapat mendukung pelaksanaan tugas Polda Kepri yang merupakan etalase negara karena berbatasan dengan negara tetangga seperti Singapura, Malaysia dan Vietnam.

“Kapal ini untuk memperkuat penjagaan keamanan laut di wilayah Kepri,” ujar Irjen Andap.

Menurut Andap, Kapal Yudistira 8003 merupakan kapal patroli yang di BKO oleh Mabes Polri untuk menambah kekuatan pengamanan di laut. “Kapal patroli ini berdasarkan kebijakan Kapolri, digunakan sebagai pencegahan dan penindakan,” ucapnya

Andap menjelaskan, secara geografis, Provinsi Kepri memiliki 2.048 pulau besar maupun kecil dan 96 persen wilayahnya adalah perairan. Provinsi Kepri terdiri dari 7 Kabupaten dan kota yang merupakan daerah pemekaran Provinsi Riau sesuai dengan amanat undang undang No 25/2002.

Andap berharap, keberadaan KP Yudistira 8003 dapat menambah spirit semua personil Polisi di Polda Kepri untuk lebih meningkatkan pengabdianya kepada masyarakat dan negara.

“Harapannya semoga masyarakat Kepri merasakan kehadiran kita di tengah – tengah mereka dan terus akan memberikan pengabdian terbaik untuk masyarakat, bangsa dan negara,” pungkas Andap

Turut hadir dalam penyambutan KP Yudistira 8003 itu antara lain, Dirpolair Korpolairud Baharkam Polri Brigjen Lotharia Latif, Pejabat Utama Polda Kepri, Danguskamla Armada I, Dandim 0316 Batam, Danlanal Batam, dan pejabat teras di Pemprov Kepri lainya

- Advertisement -
Berita Terbaru
Berita Terkait