Selasa, 6 Desember 22

Kota Bogor Raih “The Most Lovable City”

BOGOR – Kota Bogor raih gelar The Most Lovable City 2016 se-dunia kalahkan sejumlah kota besar di dunia seperti Paris, juga Jakarta dan Balikpapan. Sebutan itu diperoleh setelah melalui tahapan kampanye masif yang melibatkan kontribusi warga Kota Bogor. Kampanye itu juga bagian dari ajang penghargaan Earth Hour City Challenge, yang diadakan setiap tahun oleh WWF, sejak 2010. Demikian Nyoman Iswarayoga, Direktur Komunikasi dan Advokasi WWF-Indonesia, dalam siaran pers yang dikutip indeksberita.com, Jumat (1/6/2016).

“Kota Bogor menang dengan dukungan yang telak dibanding kota lainnya. Ini menunjukkan kemampuan Kota Bogor untuk merangkul warganya untuk memberikan dukungan,” demikian petikan informasi tersebut.

Disebutkan juga dukungan dari warga Kota Bogor merupakan kunci dari suatu kota untuk mencapai tujuannya. Kota Bogor dianggap memfokuskan program keberlanjutannya pada efisiensi energi dan pelestarian sumber daya.

Nyoman juga berharap, predikat ini bisa memacu pemerintah setempat untuk mewujudkan Bogor menjadi kota berkelanjutan dalam menghadapi perubahan iklim, sehingga tak menjadi status formalitas belaka.

“Kami harap pemerintah kota Bogor dapat memanfaatkan besarnya dukungan publik ini sebagai modal untuk meneruskan upaya transisi kota Bogor menjadi kota yang berkelanjutan”, ujarnya.

Sebagaimana diwartakan, Kota Bogor masuk menjadi salah satu kota dalam ajang nominasi We Love Cities 2016 yang diinisiasi Organisasi World Wide Fund (WWF) for Nature bekerjasama dengan ICLEI. Terpilihnya Kota Bogor di ajang Kampanye Global We Love Cities 2016 atas komitmen Kota Bogor dalam pembangunan berkelanjutan yang rendah emisi dan ramah lingkungan.

Selamet Daroini, Project Officer ICLEI di launching We Love Cities 2016 sebelumnya mengatakan, komitmen Kota Bogor terlihat dari keseriusan Kota Bogor yang didukung dengan data yang lengkap. Apalagi Kota Bogor sudah memiliki Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) ramah lingkungan. (eko)

- Advertisement -
Berita Terbaru
Berita Terkait