Kamis, 28 September 23

Kolam Air Panas Cap Goceng Dipercaya Bisa Obati Stroke

Kabupaten Bogor boleh dibilang kaya potensi wisata. Ada banyak pilihan lokasi wisata mulai dari yang bertarif murah hingga mahal. Nah, bagi wisatawan yang datang ke Bogor, ada destinasi wisata yang mudah dijangkau, namanya Pemandian Ari Panas Gunung Malang.

Lokasi pemandian ini berada di kampung Sukamulya, desa Gunung Malang, Kecamatan Tenjolaya, Kabupaten Bogor. Tarifnya terbilang sangat murah, hanya Rp5000. Tata kelola area wisata tersebut juga masih sederhana. Saat ini dikelola oleh warga setempat.

“Belakangan ini saat musim hujan pengunjung terbilang sangat jarang. Hal itu dikarenakan jalan yang masih buruk belum diaspal dan dipenuhi bebatuan. Yang kami sayangkan, sejauh ini belum ada perhatian khusus dari Dinas Pariwisata Pemerintah Kabupaten Bogor atau instansi terkait untuk memperindah lokasi wisata ini, serta perbaikan jalan,” ujar penjaja tiket masuk yang juga warga setempat, Ahmad kepada indeksberita.com, Selasa (14/2/2017)

Untuk mencapai tempat tersebut, juga tidak sulit. Dari Kebun Raya Bogor (KRB) hanya butuh waktu tempuh sekitar satu jam perjalanan. Tempat pemandian air panas ini diapit dua tempat wisata air terjun populer yakni Curug Luhur dan Curug Nangka. Desa Gunung Malang di mana pemandian itu berada, juga merupakan salah satu desa yang menjadi pintu gerbang pendakian menuju Puncak-2 Gunung Salak.

Kualitas air panas Pemandian Gunung Malang ini tak kalah dengan wahana serupa Gunung Pancar, Sentul, atau pun yang di Ciseeng Parung yang pengelolaannya telah profesional. Yang membedakannya, air di Pemandian Gunng Malang sedikit keruh dan berwarna kecoklatan. Kolam pemandiannya pun tak terlalu besar, cuma berpanjang 5 meter dan berlebar 3 meter, yang kemudian dibagi tiga bagian. Masing-masing kolam memiliki kadar panas yang berbeda.

Selain kolam air panas, destinasi yang berad di bibir pematang sawah ini dilengkapi pula dengan taman indah yang terdiri dari beraneka jenis pepohonan hias, serta di sisinya terdapat aliran Sungai Ciapus yang berwarna jernih dengan bebatuan berukuran besar. Alam di sekitarnya juga teramat mempesona dengan panorama Gunung Salak.

Di hari libur, pemandian air panas ini banyak dikunjungi oleh mereka yang hendak berendam layaknya di whirlpool, namun dengan air panas asli dari dalam kerak bumi.

Mengingat kolamnya yang kecil juga tak terlalu dalam, lokasi ini tidak dapat digunakan untuk berenang dan hanya bisa dinikmati untuk sekedar berendam. Selain bertujuan relaksasi, mandi dan berendam di sini dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Warga sekitar meyakini, kolam pemandian air panas tersebut selain mampu menyembuhkan penyakit kulit, juga dipercaya bisa mengobati stroke.

“Saya sudah tiga kali kesini (kolam pemandian Gunung Malang). Saya sakit stroke ringan. Semula saya tidak menggerakan sebagian tubuh dan awal pertama datang berendam harus menggunakan kursi roda dan digendong. Namun, setelah kali kedua, saya merasakan ada perubahan. Dan, sekarang saya datang lagi dengan harapan bisa lebih baik dan bisa sembuh,” ujar Ade Sofyan, pengunjung asal Leuwiliang, Kabupaten Bogor yang baru pulih dari penyakit stroke. (eko)

- Advertisement -
Berita Terbaru
Berita Terkait