Kamis, 21 September 23
Beranda Featured Ketua MPR Tidak Setuju Hak Angket

Ketua MPR Tidak Setuju Hak Angket

0

Ketua Umum PAN yang juga Ketua MPR, Zulkifli Hasan, tidak setuju jika hak angket digulirkan sebelum Mendagri Tjahjo Kumolo dimintai penjelasan dalam rapat kerja di DPR.

Menurutnya kalau DPR menggelar rapat kerja dengan Mendagri, maka jawaban pemerintah akan bisa dinilai. Kalau dari jawaban itu memang anggota DPR tidak puas, maka selanjutnya hak angket bisa digulirkan.

“Saya tak sependapat langsung angket. Meskinya undang dulu menterinya (Mendagri),” ujarnya dalam acara konferensi pers Pimpinan MPR, Selasa (14/2/2017).

Selain itu, ujarnya, pemerintah melalui Mendagri juga sedang mengajukan permintaan fatwa kepada Mahkamah Agung (MA). Zulkifli juga mengharapkan para anggota DPR untuk menunggu hasil fatwa tersebut sebelum mengambil keputusan soal pengajuan hak angket.

Sebelumnya empat fraksi di DPR masing-masing Demokrat, Gerindra, PKS dan PAN sepakat untuk menggulirkan Hak Angket terkait keputusan Medagri mengaktifkan kembali Ahok sebagai Gubernur DKI Jakarta, yang berstatus terdakawa dalam kasus penistaan agama.