Kamis, 1 Desember 22

Kerjasama Pertahanan Asean-Uni Eropa Positif untuk Indonesia

Kerja sama pada bidang keamanan dan pertahanan antara Asean dan Uni Eropa dinilai dapat memberikan kontribusi positif untuk mempertahankan stabilitas keamanan di kawasan Asia Pasifik, termasuk Indonesia. Oleh karena itu, kerjasama pertahanan ASEAN Uni Eropa tersebut dinilai menjadi sangat penting dan mendesak.

Dekan Fakultas Manajemen Pertahanan (FMP) Universitas Pertahanan (Unhan) Laksda TNI DR. Amarulla Octavian, S.T., M.Sc., D.E.S.D. menegaskan pentingnya kerjasama keamanan dan pertahanan antara negara-negara anggota ASEAN dan Uni Eropa.

“Peluang yang terbuka untuk menjalin kerjasama ASEAN dan Uni Eropa pada bidang kerjasama keamanan dan pertahanan sebagai kontribusi positif untuk mempertahankan stabilitas keamanan di kawasan Asia Pasifik,” ujar Amrulla dalam keterangan resminya di Jakarta, Jumat (9/6).

Selanjutnya, kata Amrulla, kerja sama tersebut juga dinilai sangat penting bagi Indonesia sebagai poros maritim dunia dalam konstelasi politik Internasional sejalan denga program aksi pemerintah sesuai Kebijakan Kelautan Indonesia sebagaimana dimuat dalam Perpres No. 16/2017.

“Kerjasama di bidang keamanan dan pertahanan tersebut bernilai sangat strategis mengiringi kerjasama ekonomi yang mendominasi hubungan multilateral ASEAN dan Uni Eropa yang sudah berjalan selama ini,” katanya.

- Advertisement -
Berita Terbaru
Berita Terkait