Senin, 26 September 22

Kenaikan 100% Lebih Trafik Operator Jelang Lebaran Didominasi Pengguna Internet

Bukan hal yang baru jika operator mengalami kenaikan penggunaan layanan ketika menjelang momentum hari raya idul fitri, ini didasari oleh kebutuhan konsumen yang meningkat dalam penggunaan pada momentum tersebut.

Pada tahun ini, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mengatakan kenaikan trafik operator didominasi oleh penggunaan data internet pada perangkat seluler.

“Sejauh ini, trafik suara dan pesan singkat memang meningkat jika dibandingkan dengan hari biasa, tapi kenaikan trafik di semua operator didominasi dari banyaknya pengguna data internet, terutama untuk ‘video sharing application’, yakni YouTube,” katanya di Kantor Indosat, Jakarta, Senin (4/7).

Selain itu kata Rudiantara, tingginya pemakaian data internet tersebut, salah satu operator mengalami kenaikan trafik hingga lebih dari 100 persen.

“Kami menemukan kepadatan jaringan di sejumlah titik kemacetan, tapi ini masih dalam batas toleransi,” katanya.

Rudiantara menjelaskan, sebagian besar operator seluler telah mengantisipasi potensi terjadinya kepadatan jaringan sejak pekan lalu, di sejumlah daerah yang diprediksi menjadi lokasi rawan kemacetan.

“Saya tadi periksa, sudah tersedia sejumlah base transceiver station (BTS), yang ‘fix’ maupun yang dapat dipindahkan di beberapa daerah macet. Ketersediaan jaringan ini terus kami pantau,” tambahnya.

Selain memeriksa trafik, Menteri Rudiantara juga mengimbau para operator seluler untuk memastikan para pemudik tidak kesulitan mendapatkan pulsa.

“Bebebrapa operator sudah menyediakan layanan pengisian pulsa dengan kartu kredit, debit dan aplikasi internet, namun saya juga minta pastikan pengisian pulsa manual tersedia. Sejauh ini, tadi sudah ada operator yang langsung menyalurkan voucher pulsa saat jalan sedang macet, ini saya apresiasi,” tandasnya.

- Advertisement -
Berita Terbaru
Berita Terkait