Rabu, 30 November 22

Kemal dan Dadang, 2 Balon Cawalkot Yang Daftar ke PDIP

Dua bakal calon (balon) kepala daerah atau balon wakil kepala daerah mendaftar ke DPC PDI Perjuangan Kota di Jalan Ahmad Yani II, No 4, Tanahsareal, Kota Bogor, Jumat (26/5/2017). Dua cawalkot yang daftar ke PDIP adalah Dadang Iskandar Danubrata (Ketua DPC PDIP Kota Bogor) dan Kemal Salim (Tokoh Kota Bogor/ Budayawan)

Dadang Iskandar Danubrata sebagai pendaftar pertama hari ini yang datang ke sekretariat partai besutan Megawati Soekanoputri dengan dikawal jajaran pengurus kecamatan (PAC), badan partai dan perwakilan DPC PDI Perjuangan Kota Bogor mengambil formulir, aekitar pukul 13.30 WIB.

“Saya mendaftar sebagai balon walikota atau balon wakil walikota ke DPC PDI Perjuangan Kota Bogor. Meski saya sebagai ketua, namun bukan berarti saya lebih berhak. Sebab, sebagai pengambil keputusannya adalah DPP PDI Perjuangan,” kata Dadang saat diawawancarai indeksberita.com  usai mengambil formulir.

Dia menjelaskan, pendaftaran yang dibuka partainya bersifat umum dan siapapun punya hak yang sama.

“Ada tahapan yang nantinya harus dilalui, dimulai dari pendaftaran, verifikasi berkas, hingga survey. Hasil survey lah nantinya yang akan jadi rujukan DPP PDI Perjuangan mengambil keputusan. Jadi, bukan daerah yang mengambil keputusan. Saya juga tidak tahu soal lolos atau tidaknya. Tapi, biasanya kader internal juga jadi pertimbangan,” ujarnya.

Dadang Iskandar Danubrata Ketua PDIP Kota Bogor ikut mendafta CawalkotDadang Iskandar Danubrata Ketua PDIP Kota Bogor ikut mendafta Cawalkot

Saat ditanya, sebagai ketua DPC PDI Perjuangan Kota Bogor kenapa tidak mencalonkan sebagai balon walikota, Dadang kembali menjawab yang menentukan kelayakan nantinya DPP PDI Perjuangan.

“Terkait petahana yang disebut-sebut akan mendaftar melalui PDI Perjuangan, saya tidak bisa menjawab, sebab sejauh ini belum mengambil formulir. Namun diakui, petahana Kota Bogor saat ini (Bima Arya atau Usmar Harimar) sudah dilakukan komunikasi oleh Badan Pemenangan Pemilu (BP Pemilu) PDI Perjuangan Kota Bogor. Soal diumumkannya siapa yang mendapat rekomendasi DPP PDI Perjuangan, informasi yang diperoleh pada 1 November mendatang,” ujarnya.

Selanjutnya, pada pukul 16.00 WIB, tokoh Kota Bogor, Kemal Salim datang mendaftar sebagai balon kepala daerah. Pria yang juga budayawan dan aktivis kebhinekaan ini menyatakan kesiapannya untuk ikut kontestasi pilkada.

Kemal Salim, Budayawan, daftar ke PDIPKemal Salim, Budayawan, daftar ke PDIP

“Yang melatarbelakangi saya maju sebagai kepala daerah yakni keinginan melakukan perubahan. Kota Bogor kedepan, harus lebih baik lagi. Pembangunan harus lebih berpihak kepada warga tidak mampu hingga siapapun warga Kota Bogor tanpa melihat lataberlakang suku atau agama punya hak yang sama untuk menikmati pembangunan,” tandas Kemal Salim.

Sebagai informasi, terhitung dibukanya pendaftaran kepala daerah dan wakil kepala daerah di DPC PDI Perjuangan Kota Bogor, sudah enam orang mengambil formulir pendaftaran.

“Dari keenam orang tersebut, belum ada yang mengembalikan formulir, jadi belum resmi disebut balon. Sebutan balon walikota atau balon wakil walikota setelah mereka mengembalikan formulir. Sebelum dibukanya pendaftaran, BP Pemilu DPC PDI Perjuangan Kota Bogor yang beranggotakan 17 orang kader seusai amanat partai sudah melakukan komunikasi ke lintas tokoh di Kota Bogor. Dari beberapa tokoh yang ditemui, termasuk petahana, dikabarkan akan mendaftar melalui PDI Perjuangan. Tapi, kepastiannya kita lihat saja nanti,” tuntas Ketua BP Pemilu PDI Perjuangan Kota Bogor, Rusmiatiningsih. (Eko)

- Advertisement -
Berita Terbaru
Berita Terkait