Minggu, 14 Agustus 22

Kejaksaan Limpahkan Kasus Ahok ke PN Jakarta Utara

Dalam waktu singkat berkas perkara kasus dugaan penistaan agama yang dilakukan Basuki Tjahaja Purnama telah diterima oleh Pengadilan Negeri Jakarta Utara (PN Jakut), Kamis (1/12/2016).

“Bahwa tadi kami sudah melakukan pelimpahan perkara Tahap II. Dan saat ini, perkara atas nama Ir Basuki Tjahaya Purnama┬átelah dilipahkan ke pengadilan Negeri Jakarta Utara,” kata Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum), Mohamad Rum, di Kejaksaan Agung, Jakarta Selatan.

M. Rum menyebutkan alasan pelimpahan berkas tersebut langsung diberikan ke pengadilan agar perkara segera disidangkan.

“Ini kita lakukan tidak lain dan tidak bukan untuk merespons agar perkara ini dipercepat dan segera disidangkan,” tambahnya.

“Dengan pelimpahan perkara ini maka kita tinggal menunggu penetapan hari sidang dan kapan dimulainya sidang,” tambahnya.

Untuk jaksa penuntut umum yang disiapkan dalam sidang Ahok nanti, M. Rum mengatakan belum mengetahui hal tersebut. Dia juga tidak dapat memastikan apakah jaksa peneliti perkara Ahok di Kejagung yang akan turun langsung menjadi jaksa penuntut umum di persidangan.

“Saya belum cek jaksa penuntut umumnya karena saya baru dapet pesan bahwa itu sudah dilimpahkan ke pengadilan, bagaimana susuan saya belum tahu mungkin tidak jauh beda, yang pasti saya belum dapat,” tambahnya.

Dengan pelimpahan tersebut, menurutnya, wewenang sudah berada di pengadilan. Dia memastikan bahwa masalah pelimpahan juga ada di bawah pengawasan Kejari Jakut. Dalam hal ini Kejagung akan mengawasi jalannya sidang dan hasil sidang nanti.

“Proses pengendalian perkara ada berapa tahap, soal pelimpahan tetap di Kejari Jakut. Soal pengadilan ya kita awasi secara bertahap karena pengawasan ini termasuk perkara penting yang melibatkan publik. Jadi kita tetap mengontrol dan evaluasi bagaimana hasil sidang,” tegasnya.

Terpisah, Humas Pengadilan Negeri Jakarta Utara, Hasoloan Sianturi membenarkan, pihaknya telah menerima berkas perkara Ahok dari Kejaksaan Negeri (Kejari) Jakarta Utara.
Penyerahan berkas perkara beserta 51 item barang bukti dipimpin langsung oleh Kajari Jakarta Utara, Agung Dipo.

“Ya sudah, barusan kami sudah mererima dari Kajari Jakut sendiri dan stafnya,” ujar Hasoloan saat dikonfirmasi wartawan.

Menurut Hasoloan, berikutnya pihaknya akan mempelajari dan melakukan pemberkasan terhadap perkara tersebut.

Selanjutnya ketua pengadilan akan membentuk majelis hakim dan jadwal sidang.

- Advertisement -
Berita Terbaru
Berita Terkait