Kamis, 7 Juli 22

Kaukus Pancasila DPR RI: Perppu Ormas Membawa Level Demokrasi ke Arah Substantive

Kaukus Pancasila DPR RI mendukung Perppu Ormas yang dikeluarkan oleh pemerintah, yang membolehkan pemerintah untuk membubarkan Ormas radikal. Menurut mereka,, kekhawatiran masyarakat dengan adanya Perppu maka akan membuka peluang bagi pemerintah untuk bertindak otoriter tidak beralasan, karena putusan pemerintah atas setiap pembubaran ormas, bisa dibawa ke pengadilan TUN. Bahkan Kaukus Pancasila yakin, adanya Perppu Ormas membawa level demokrasi ke arah substantive, yaitu kesejahteraan.

Eva Sundari, salah seorang anggota Kaukus Pancasila, menegaskan dukungannya atas dikeluarkannya Perppu Ormas. Menurutnya, dengan adanya Perppu Ormas tersebut, pemerintah konsisten dengan program pengarusutamaan (mainstreaming) Pancasila.

“Pemerintah menunjukkan konsistensi dalam menjalankan program mainstreaming Pancasila dalam mendorong konsolidasi demokrasi  setelah pembentukan UKP PIP,” tegas Eva Sundari.

Kaukus Pancasila juga berharap DPR akan menyetujui Perppu Ormas di sidang yang akan datang. Selain menjawab situasi darurat radikalisme, Perppu ini juga diperlukan untuk membawa level demokrasi ke arah yang substantive yaitu kesejahteraan.

Sofyan Tan, anggota Kaukus menegaskan, bahwa ruang manuver soal politik identitas harus ditutup. “Politik identitas bangsa sdh selesai dengan 4 pilar. Sudah benar, ruang untuk manuver soal identitas ditutup oleh perppu ormas,” ujarnya

Tuduhan bahwa Perppu akan menimbulkan sentralisme kekuasaan, dan membuka peluang pemerintah menjadi otoriter, menurut Eva tuduhan itu tidak berdasar.

“Tiap putusan pemerintah atas pembubaran ormas bisa dibawa ke pengadilan TUN. Perppu juga akan melalui uji politik di DPR dan bisa diuji materialkan kelak di MK,” ujar Eva.

Anggota Kaukus dari PKB Maman Imanulhaq, menyatakan, kaukus Pancasila DPR RI menghargai diskusi pro dan kontra atas Perppu Ormas dengan berbagai argumen yang mencerdaskan masyarakat. Atas kekhawatiran masyarakat bahwa perppu Ormas akan mengancam kebebasan berserikat, senada dengan Eva, Maman juga menganggap kekhawatiran itu tidak berdasar..

“Demokrasi Pancasila harus dibangun dalam sistem yang sesuai nilai-nilai dan karakter Pancasila yang merupakan norma dasar dan bintang panduan berdemokrasi sekaligus cita-cita masyarakat yang hendak kita wujudkan, ” tegas Maman Imanulhaq yg juga Ketua Kaukus Pancasila DPR RI.

- Advertisement -
Berita Terbaru
Berita Terkait