Jumat, 12 Agustus 22

Kasus Penistaan Agama Khawatirkan Masyarakat Etnis

Pengamat Etika dan Komunikasi Politik Romo Benny Susetyo mengatakan sejumlah masyarakat etnis lain mulai khawatir lantaran kasus penistaan agama dinilai mengalami pergeseran.

Dirinya menjelaskan, kasus tersebut sudah melebar dan sudah menyinggung SARA.

“Kecemasan kalau kasus ini jadi kasus yang menyebar, sehingga persoalannya bergeser bukan pada Pilkada, tapi pada rasial dan itu mulai dirasakan ke daerah-daerah,” ujar Romo Benny, saat ditemui di Hotel Atlet Century Park, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (28/11).

Kekhawatiran tersebut, kata Romo Benny, sudah mulai terjadi di sejumlah daerah-daerah di Indonesia. Menurutnya, sasaran kebencian bukan lagi mantan Bupati Belitung Timur tersebut.

“Jadi ketegangan itu tergeser, bukan semata Ahok, tapi etnis tertentu yang jadi sasaran kebencian, ujaran itu kan nyata,” jelas Romo Benny.

Pernyataan tersebut ia sampaikan usai menghadiri acara konferensi pers Seruan Bersama Tokoh dan Masyarakat Sipil bertajuk ‘Merawat Kemajemukan, Meningkatkan Kualitas Demokrasi Kita’, yang digelar di Hotel Atlet Century Park, Senayan, Jakarta Pusat.

Konferensi pers tersebut turut dihadiri oleh Tokoh HAM Todung Mulya Lubis, Pengamat Politik Ray Rangkuti, Direktur Imparsial Al Araf, Ketua Yayasan Cahaya Guru Henny Supolo, serta Budayawan Benny Susetyo.

- Advertisement -
Berita Terbaru
Berita Terkait