Sabtu, 10 Desember 22

Kapal Ternak Dapat Memotong Supply Chain Daging Sapi

Jakarta – Kapal ternak KM Camara Nusantara I milik pemerintah kembali tiba di pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta dengan membawa sapi lokal yang dikirim dari Kupang, NTT pada hari ini, Senin (22/2). Kapal tersebut membawa 400 ekor sapi.

Menteri Pertanian Amran Sulaiman dalam penyambutan kapal ternak mengatakan, kapal ternak ini ke depan akan berjalan dua kali sebulan ke Jakarta. Hal ini jelas akan mengubah struktur pasar kedepannya.

“Dulunya sapi lokal masuk hanya tiga persen, hari ini sudah mencapai kurang lebih delapan persen, meningkat lebih dua kali lipat,” ujar Amran di pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta.

Selanjutnya, Amran memastikan bahwa seluruh sapi yang diangkut oleh kapal KM Camara Nusantara I ini akan dijual ke konsumen dengan harga di bawah standar yaitu Rp. 85.000 per kg.

“Dijual ke konsumen kurang lebih 85.000 per kg. Seperti yang kita lakukan kemarin,” tambahnya.

Selain itu kata Amran, saat ini juga pemerintah sedang melakukan proses pembangunan kapal ternak, dan rencananya akan ada tujuh unit kapal lagi. Targetnya tahun depan selesai semua, meski bertahap. Hal ini dipersiapkan untuk menambah kuota pengiriman sapi nantinya.

“Mulai dari tahun 2016-2017 kita harapkan tiap hari minimal satu kali dua hari tiba di Jakarta satu kapal sapi. Dan ini akan mengubah struktur pasar yang selama ini supply chain-nya terlalu panjang, kemudian biaya ngangkut mahal selama perjalanan, satu setengah sampai dua bulan, sekarang ini tingal lima hari. Dan insya allah kita upayakan,” tandasnya.

- Advertisement -
Berita Terbaru
Berita Terkait