Kamis, 30 Juni 22

Kanwil BPN Provinsi Papua dan Polda Papua Sepakat Berantas Mafia Tanah

Bersamaan dengan peringatan Hari Agraria Nasional, Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Badan Pertanahan Nasional Provinsi Papua, Arius Yambe, SH. M.MT bersama Kepala Kepolisian Daerah (Polda) Provinsi Papua Irjen. Pol. Drs. Martuani Sormin, M.Si, lakukan penandatanganan Surat Keputusan Bersama (SKB) di Jayapura (24/9). Menurut informasi dari Humas Kementerian ATR/BPN melalui rilis yang diterima redaksi hari ini (27/9), tujuan penandatanganan SKB, salah satunya untuk berantas mafia tanah.

Hadir pula dalam kegiatan tersebut Wakapolda Papua Brigjen Pol Drs. Yakobus Marjuki, Pejabat Utama Polda Papua dan para Kepala Bidang dan Kepala Kantor Pertanahan se provinsi Papua.

Kepala Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional (BPN) Provinsi Papua Arius Yambe, SH. M.MT., bersyukur dengan terlaksananya penandatanganan surat keputusan ini. “SKB ini untuk memberantas mafia tanah, pungli, dan percepatan sertipikasi tanah aset Polri. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan juga secara bersama-sama dapat menyelesaikan sengketa pertanahan secara umum,” ungkap Arius Yambe.

Selain itu, SKB ini diharapkan dapat terus menjaga komunikasi yang sudah baik antara Kanwil BPN Provinsi Papua dengan Polda Papua. “Ini untuk pembangunan di Papua dan harapan kedepannya. Penertiban dokumen pertanahan semakin lebih baik dan juga menjadikan dasar untuk sertipikasi tanah Polri di Papua ini,” tambah Arius Yambe.

Dalam kesempatan ini, Kapolda Papua Irjen Pol Drs. Martuani Sormin, M.Si, mengungkapkan bahwa permasalahan tanah sangatlah sulit dan rumit bahkan dapat menjadi konflik di tanah Papua. “Kita harus bijak dalam menanganinya dan tidak berpihak. Mari kita sepakat dalam penyelesaian pertanahan dengan kepala dingin dan kita sebagai pemecah masalah,” ujar Martuani Sormin.

“Saya berharap dalam menyelesaikan permasalahan tanah, Anggota Polri selalu berkoordinasi dengan pihak BPN. Legalitas sertipikat tanah agar diperhatikan, jangan ada pemalsuan sertipikat tanah. Kami pihak Polri siap membantu BPN dalam memecahkan masalah tanah yang ditangani,” tutupnya.

Dalam penandatanganan SKB ini juga dilaksanakan penyerahan sertipikat Aset Polda Papua dan Penyerahan Cinderamata.

- Advertisement -
Berita Terbaru
Berita Terkait