Kalapas Sukamiskin Ditangkap KPK

0
716
Gedung Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Sukamiskin Bandung. Dikabarkan Sabtu dini hari (21/7/2018) Kalapas Sukamiskin ditangkap KPK (Edy Santry)

Tim Satgas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dikabarkan menangkap Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Sukamiskin Bandung, Wahid Husen. Dari informasi yang berhasil dihimpun, Kalapas Sukamiskin ditangkap KPK dalam operasi tangkap tangan (OTT) di wilayah Jawa Barat, Sabtu (21/7/2018) dini hari.

Wahid ditangkap di kediamannya sekitar pukul 00.00 WIB. Ia diduga ditangkap karena suap jual beli izin narapidana keluar lapas. Selain Wahid, tim Satgas disebut menangkap sejumlah pihak lainnya dalam OTT kali ini. Para pihak tersebut ditangkap lantaran terlibat dalam transaksi suap.

“Kalau di LP apalagi kalau bukan pemberian kemudahan kepada narapidana untuk keluar sel. Entah izin berobat atau untuk urusan lain” kata seorang sumber di KPK kepada wartawan, Sabtu (21/7/2018).

Dalam operasi senyap ini, tim lembaga antirasuah tersebut turut mengamankan sejumlah uang dan kendaraan yang diduga sebagai pemberian kepada Wahid.

“(Wahid Husen) terima sesuatu untuk berbuat sesuatu. (Diamankan) uang dan kendaraan,” imbuh sumber tersebut.

Saat ini, para pihak yang ditangkap, termasuk Wahid sedang dibawa ke Gedung KPK untuk menjalani pemeriksaan intensif. KPK memiliki waktu 1×24 jam untuk menentukan status dari pihak-pihak yang diamankan tersebut.

Lapas Sukamiskin sendiri merupakan kompleks Penjara yang berada di Bandung, Jawa Barat. Lapas ini merupakan tempat di mana para koruptor kelas kakap ditahan. Sebagai Lapas Kelas 1, tentunya pengamanan dan aturan ekstra ketat seharusnya diberlalukan di Lapas ini.