Minggu, 26 Juni 22

Kabudaya Galang Dana Untuk DOB

Tim Presidium Daerah Otonomi Baru (DOB) Kabupaten Bumi Dayak (Kabudaya) Perbatasan melakukan aksi penggalangan dana melalui dompet peduli DOB Kabudaya For NKRI agar wilayah Kabudaya segera menjadi DOB.

Lewi, Bendahara Presidium DOB Kabudaya mendesak pemerintah untuk segera merestui DOB Kabudaya. Dia mengancam, jika tidak direstui maka tidak menutup kemungkinan eksodus yang sempat dilakukan oleh warga Kecamatan Sembakung, Kecamatan Lumbis, Kecamatan Sebuku, Kecamatan Lumbis Ogong, Kecamatan Tulin Onsoi dan Kecamatan Sembakung Atulai bakal terulang kembali.

“Jangan heran jika nanti mereka lebih memilih pindah kewarganegaraan dibanding hidup dalam kemelaratan di tanah kelahiran mereka sendiri,” tuturnya dalam keterangan resminya di Jakarta, Minggu (17/7).

Hermanus mengemukakan pemerintah pusat tidak pernah memberikan perhatian serius kepada enam kecamatan pada tiga wilayah yang menjadi DOB Kabudaya sejak 2011 hingga saat ini. Padahal menurutnya, wilayah itu merupakan wilayah yang menjadi pintu gerbang Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) selama ini.

“Kami tidak bisa menunggu selama 70 tahun lagi untuk menjadi bagian dari NKRI seutuhnya untuk memiliki wilayah yg kami pijak dan tempati bagian dari pada NKRI 100%,” katanya.

Sementara itu, Kepala Desa Sumantipal, Busiau menjelaskan selama ini pihaknya harus terus bergerak demi kejelasan status wilayah desanya yang secara hukum Internasional belum punya negara. Kendati demikian, sampai saat ini seluruh masyarakat di sana masih mengakui menjadi bagian dari NKRI.

“Bersyukurlah Indonesia kami masih mengakui diri kami bagian dari pada NKRI,” ujarnya.

Busiau menjelaskan pembukaan nomor rekening untuk penggalangan dana melalui dompet peduli DOB Kabudaya For NKRI tersebut adalah untuk mengakomodir keinginan sebagian masyarakat yang ingin meyalurkan bantuan berupa uang, sekaligus untuk meringankan beban masyarakat.

“Melalui dompet peduli ini masyarakat dapat menyalurkan bantuan melalui nomor rekening 0092150283,” tukasnya.

- Advertisement -
Berita Terbaru
Berita Terkait
  1. tolong dong pengelola dompet Peduli DOB Kabudaya berkenan mebuka rekening di BRI dan Mandiri. karena selama ini kami kesulitan mengakses Bank Kaltim, agar teman teman di pulau jawa terutama di jakarta dapat ikut berpartisipasi untuk pembentukan DOB Kabudaya. kebetulan kerabat kami ada yang tinggal di Sebuku. semoga cara ini efektif untuk mewujudkan cita cita kita.