Minggu, 26 Juni 22

Jokowi Kaget Harga Domba Garut Puluhan Juta

BOGOR – Lima domba peliharaan Presiden Joko Widodo (Jokowi) Bera, Beru, Dogar singkatan dari domba garut, Edo dan Nyai dipamerkan saat digelar kontes domba garut dan kambing yang digagas Himpunan Peternak Domba dan Kambing Indonesia (HPDKI), Sabtu (27/8/2016).

Saat mengetahui bobot besar yang dibawa peternak ke Istana Bogor, Jokowi pun mengaku berkecil hati. Apalagi, sejumlah domba garut dengan tanduk melingkar tersebut terlihat berisi. Meski demikian, Presiden Jokowi mengaku senang.

“Saya tadi saat masuk ke sini betul-betul kaget sekali. Saya punya domba (ada) lima, belinya harga Rp3juta dan Rp4 juta. Pikir saya harga segitu mahal sekali. Tetapi begitu lihat di sini, sudah kejauhan sekali, harganya Rp60 juta. Begitu lihat di sini langsung minder,” ujar Presiden di Istana Bogor.

Pada kesempatan yang sama, Menteri Pertanian Amran Sulaiman mengatakan Kementan akan memberikan perhatian serius terhadap kualitas domba dan kambing yang terbukti dari meningkatnya populasi sebesar 5,8 persen dalam kurun waktu 2011-2015.

Kontes domba garut dan kambing yang telah diadakan sejak 2009 ini merupakan kali pertama yang disaksikan Presiden secara langsung. Sebanyak 875 ekor domba dan 400 ekor kambing dari Kebun Raya Bogor dipamerkan dalam kontes ini.

“Perkembangan domba saat ini semakin baik. Jumlah domba di Indonesia mencapai 17 juta ekor dan kambing 19 juta ekor. Insya Allah tahun depan kami mendorong untuk ekspor,” kata Menteri Pertanian.

Sebagai informasi, kontes domba dan kambing yang pertama kalinya digelar Istana Bogor ini mengusung tema ‘Pemberdayaan Ternak Rakyat untuk Swasembada Pangan.’

Adapun kategori yang dilombakan yakni raja pedaging, raja petet, raja kasep dan raja bibit. Selain kontes, acara tersebut juga dimeriahkan dengan pementasan kambing perah dan catwalk domba.

Informasi yang diperoleh media online ini, salah satu juri yang menilai peserta kontes yakni Kepala Kantor Staf Kepresidenan (KSP) Teten Masduki. Teten, sebelum aktif di pemerintahan, dikenal sebagai pengusaha ternak domba.

Sejumlah pejabat turut menghadiri acara ini, antara lain Menteri Pertanian Amran Sulaiman, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heriyawan dan Walikota Bogor Bima Arya.

Acara ini dihadiri sekitar 1.000 peserta dari berbagai lapisan, mulai dari Kepolisian RI, Komisi IV DPR RI, DPRD Provinsi Jawa Barat, para bupati/walikota se provinsi Jawa Barat, DPRD Kota Bogor, peternak domba dan kambing, serta Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan seluruh Indonesia. (eko)

- Advertisement -
Berita Terbaru
Berita Terkait