Selasa, 6 Desember 22

Jelang Pilkada 2017, KPUD Yogyakarta Kota Umumkan Pembentukan PPK dan PPS

Yogyakarta – Senin (20/6) Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPU) Yogyakarta Kota mengumumkan pembentukan badan penyelenggara ad hoc Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pungutan Suara (PPS) sebagai sarat Pilkada serentak 2017. Sarat ini nantinya akan diselenggarakanpada 21 Juni – 20 Juli 2016, sesuai dengan Surat Edaran KPU RI No. 183/KPU/IV/2015.

Dalam jumpa pers yang diselenggarakan di ruang rapat KPU Yogyakarta Kota,  Wawan Budiyanto selaku Ketua KPU Provinsi Yogyakarta menjelaskan bahwa nantinya pembentukan badan ad hoc akan dilakukan dalam waktu yang bersamaan.

Ia menambahkan bahwa perihal tersebut sangat penting untuk diumumkan demi terwujudnya pembentukan badan yang “berintegritas”.

“Kita bisamenjamin proses pemungutansuara, proses rekapitulasi hasil perhitungan suara di tingkat kecamatan itu misalnya, agar dapat diterima oleh semua pihak, salah satu faktornya adalah integritas dan profesionalitas dan netralitas PPK maupun PPS”, ujar Wawan.

Wawan menambahkan bahwa baik PPK/ PPS pada tanggal penyelenggaraan akandilaksanakan secara terbuka, namun terdapa tperbedaan dasar dalam proses pembentukannnya. Apabila PPK dibentuk dengan mekanisme penjaringan terbuka lalu diumumkan ke ranah publik, maka PPS dibentuk dengan dipilih oleh pihak Lurah atau LPK/ LPMK secara terbuka baru kemudian diumumkan.

“jadi tidak hanya kemudian LPMK itumengusulkan namun akan dilakukan pengumuman, pendaftaran dan seleksi tertulis bagi calon anggota PPS. Enam orang dari hasil seleksi tertulis itu nanti akan diserahkan kepada KPU. Kami sudah mengirim surat ke Walikota dilanjuti dengan mengirim sura tke SKPB terkait, karena ini mengyangkut keterlibatan pihak lain dan saling berkordinasi”, jelasnya.

- Advertisement -
Berita Terbaru
Berita Terkait