Sabtu, 3 Desember 22

Istana Batutulis, Saksi Bisu Lembar Sejarah

Istana Batutulis yang berada di Jalan Batutulis, Kelurahan Batutulis, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor merupakan bagian perjalanan sejarah Indonesia. Nama istana itu tidak bisa dipisahkan dari mantan Presiden RI, Soekarno. Tapi, saat ini tak banyak orang yang tahu karena istana ini sekarang sangat tertutup. Hanya kalangan orangtua terdahulu yang bisa berkisah.

Pantauan indeksberita.com Minggu (15/5/2016), Istana Batu Tulis ini tak lagi diketahui umum. Gerbangnya terkunci rapat dan tidak terlihat penjaga pos berjaga di depan pagar. Suasana di dalam bangunan Istana Batutulis terlihat asri. Pepohonan yang menyerupai hutan mini menambah kesejukan udara di sekitar bangunan. Ada empat bagian istana. Satu bangunan utama dan tiga bangunan kecil di lahan seluas 3.8 hektar tersebut.

Di salah satu sudut bangunan utama, terdapat teras yang menghadap langsung ke arah Gunung Salak. Menurut cerita dari mulut ke mulut, di istana tersebut juga terdapat satu kursi goyang. Tersiar kabar, kursi goyang itu selalu diduduki Bung Karno setiap menjelang sore dan terkadang kerap bergerak sendiri.

Di area Istana Batutulis juga terlihat kolam ikan seluas 10 x 5 meter. Patung wanita tanpa busana berdiri di pinggirnya. Tak jauh dari kolam juga terdapat patung dua rusa tutul.

Istana Batutulis, tercatat berulangkali menjadi saksi sejarah. Mulai dari era Bung Karno hingga terkini, saat jelang pemilihan presiden 2014 lalu. Informasi yang dihimpun, pada tahun itu, hubungan politik antara Megawati Soekanoputri dan Prabowo renggang.

“Saat itu keharmonisan hubungan yang tak lagi terjalin antara Megawati dan Prabowo. Sebab, Megawati menginginkan Jokowi yang dicalonkan sebagai presiden dari PDIP. Prabowo pun beranggapan Megawati telah mengingkari perjanjian Batutulis yang dibuat bersama di Istana Batu Tulis,” tukas budayawan Bogor, Dadang H Padmadiredja saat diwawancarai media online ini.

Nama Istana Batutulis mencuat karena dikait-kaitkan dengan perjanjian politisi tersebut.

“Istana Batutulis juga tak bisa dilepaskan dengan sosok presiden pertama RI ini, Soekarno. Beberapa sumber menyebutkan, Istana Batutulis ini merupakan tempat peristirahatan yang sangat dicintai Bung Karno. Bahkan, Megawati dikabarkan masih kerap ke Istana Batutulis,” tuturnya.

Pada bagian lain, Joko Widodo disebut-sebut juga kerap berkunjung ke Istana Batutulis. Hal itu dikisahkan Ketua DPRD Kota Bogor, Untung Maryono.

“Informasi yang saya peroleh, sebelum Jokowi menjabat presiden, kerap berkunjung ke Istana Batutulis, saat malam. Dia (red. Jokowi) dulu kerap datang tanpa pengawalan menggunakan mobil kijang keluaran lama, mungkin maksudnya agar tidak menarik perhatian. Pada saat itu, Jokowi masih menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta. Tapi, belakangan ini saya tidak tahu,” kisah mantan Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Bogor.

Istana Bogor, dari kejauhan terlihat mencolok dengan rindang pepohonan yang mengelilingi area tersebut. Tentu selain bangunan Istana yang menjorok lebih dalam, tak ada yang tahu ada apa di dalam istana tersebut. Tak banyak yang tahu isi di Istana tersebut selain cerita lokasi tersebut dulunya adalah tempat peristirahatan sang proklamator bangsa ini di akhir jabatannya. (eko)

- Advertisement -
Berita Terbaru
Berita Terkait