Rabu, 25 Mei 22

Indahnya Fajar di Puthuk Mongkrong

Magelang adalah salah satu Kabupaten di Jawa Tengah yang tak pernah sepi dari Wisatawan. Adanya Candi Borobudur, menjadikan wilayah yang diapit Gunung Merapi, Merbabu, Sumbing, Ungaran dan Pegunungan Menoreh, ini menjadi salah satu tujuan wisatawan baik lokal maupun mancanegara dalam berpelesiran. Namun, seperti yang kita tahu, selain Borobudur masih banyak tempat wisata di Magelang yang tak kalah mempesona seperti : Ketep Pass, Punthuk Mongkrong, Punthuk Setumbu, Punthuk Sukmojoyo dan Punthuk Gupakan.

Diantara punthuk-punthuk dan perbukitan tersebut, Punthuk Mongkrong adalah tempat yang paling tinggi. Bagi siapapun yang hobby wisata pegunungan atau yang bernuansa alam, Puthuk Mongkrong adalah salah satu tujuan yang tepat.

Dari atas bukit yang terletak di Desa Giri Tengah, Borobudur ini, para pengunjung akan disuguhi pemandangan yang sangat eksotik. Bukan hanya Sunrise dan Sunsite yang akan kita lihat, namun pada saat-saat tertentu kita akan melihat puncak Gunung Merbabu dan Merapi serasa melayang diatas awan.

Landscape yang di Puthuk Mongkrong ini juga sangat luar biasa megahnya tatkala Candi Borobudur menjadi latar sunrise dan sunsite yang membuat tempat ini menjadi salah satu tempat favorit di Magelang untuk mengabadikan moment-moment tertentu seperti preweding,video klip dan lain-lain.

Sebagaimana kawasan wisata perbukitan lain di Magelang, untuk menikmati indahnya fajar sunrise, pengunjung sudah harus sampai di atas bukit sekitar pukul 05:00 WIB. Maka dianjurkan agar para pengunjung mulai melakukan perjalanan dari Desa Giri Tengah sekitar pukul 04:30 WIB.

Madu dari hasil budidaya Lebah Madu di Desa Giritengah,Borobudur,Magelang. (Foto : Eddy Santry)
Madu dari hasil budidaya Lebah Madu di Desa Giritengah,Borobudur,Magelang. (Foto : Eddy Santry)

Akses menuju Puthuk Mongkrong juga terbilang sangat mudah. Jalanan sudah beraspal dan semenisasi. Namun ada beberapa titik jalan mendekati area yang hanya dapat dilewati kendaraan roda dua. Namun karena belum adanya lampu penenerangan jalan,pengunjung yang akan menikmati sunrise agar membawa lampu senter atau penerangan sejenis.

Untuk bisa sampai di Punthuk Mongkrong, pengunjung bisa mengambil jalur selatan yaitu melalui Jalan Badrawati hingga tiba di perempatan Seganan desa Tuksong. Nah, dari perempatan Seganan. Selanjutnya belok kanan dan lurus hingga sampai Balai Desa Karanganyar. Kemudian lurus hingga sampai di Desa Giritengah. Sesampainya di Desa Giritengah, pegunjung tak perlu khawatir karena melalui jalan aspal yang menanjak tersebut banyak ditemukan petunjuk arah ke Puthuk Mongkrong.

Sekembalinya dari Puthuk Mongkrong, kita dapat singgah di Desa Giritengah untuk melihat budidaya Lebah Madu yang sangat terkenal. Tak hanya melihat, bagi pengunjung juga dapat membeli madu hasil budidaya tersebut sebagai oleh-oleh. Desa Giritengah ini untuk masyarakat Magelang sudah bukan nama yang asing. Disamping sebagai Desa penghasil Madu, juga secara historis desa ini dipercaya menjadi salah satu basis Pasukan Diponegoro ketika bergerilya antara tahun 1825-1830.

- Advertisement -
Berita Terbaru
Berita Terkait