Rabu, 25 Mei 22

Indahnya… Ditempat Ini, 4 Rumah Ibadah Berdiri Berdampingan

Publik terutama netizen dihebohkan dengan viralnya photo 4 rumah ibadah berdiri berdampingan, yang diunggah di media sosial baik di twitter ataupun facebook. Dalam photo tersebut tampak sebuah Masjid, Pura dan dua Gereja berdiri berdampingan dalam satu komplek.

Berbagai komentar berupa pujian dari netiizen langsung membanjiri postingan photo-photo tersebut. Kebanyakan dari netizen sangat mengapresiasi hal tersebut yang dikatakan sebagai simbol kerukunan ditengah perbedaan.

Redaksi berusaha menelusuri lokasi rumah-rumah ibadah tersebut berada. Dari penelusuran, photo tersebut diunggah oleh pengguna twitter @PakatDayak pada 21 Desember 2017. Dari admin akun tersebut ahirnya Redaksi mendapatkan alamat lengkap rumah-rumah ibadah tersebut.

Lokasi tempat Masjid, Pura dan Gereja tersebut berada di Desa Tumbang Kalang, Kecamatan Antang Kalang, Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah. Sebuah tempat yang memang selama ini terkenal akan toleransi penduduknya walau hidup dalam keyakinan yang berbeda.

Pembangunan keempat rumah ibadah berupa Masjid, Gereja Katholik, Gereja Protestan dan Balai Basarah (Hindu) tersebut, atas inisiasi Bupati Kota Waringin Timur, Supian Hadi. Dan pada Rabu 4 Maret 2015, pembangunan keempat rumah ibadah itu dimulai.

Maria, seorang warga Antang Kalang kepada redaksi mengatakan , sebelum keempat rumah ibadah itu dibangun, warga Antang Kalang memang sudah sangat menjaga kerukukan. Apalagi dengan dibangunnya tempat-tempat ibadah tersebut, hal itu tentu akan menjadi simbol kuat persatuan ditengah perbedaan.

“Rumah ibadahnya saja berdiri berdampingan, malu lah pak kalau kita mau bersitegang,” ucap Maria, Kamis (21/12/2017).

Konsep bhineka tunggal ika memang sangat kental di wilayah ini. Setidaknya hal itu bukan hanya terlihat pada Masjid Al Hadi, Gereja Eka Sinta, Gereja Katholik Keluarga Kudus dan Balai Basarah Tumpeng Penyang yang berdiri berdampingan, namun pada hari raya agama tertentu mereka saling kunjung mengunjungi untuk mempererat tali persaudaraan.

- Advertisement -
Berita Terbaru
Berita Terkait