Jumat, 2 Desember 22

ICMI Dukung MPR Gelar Sidang Tahunan dan Membuat Haluan Negara

Jakarta – Ketua Presidium ICMI Prof. Jimly Asshiddiqie didampingi Sekjen ICMI Jafar Hafsah menemui pimpinan MPR. Organisasi kaum cendekiawan Muslim ini diterima oleh Ketua MPR Zulkifli Hasan dan Wakil Ketua MPR Oesman Sapta di Lt. 9, Gedung Nusantara III, Komplek Gedung MPR/DPR/DPD, Jakarta, pada Selasa (3/5).

Jimly menyampaikan bahwa pengurus ICMI di pusat dan daerah saat ini sangat antusias dalam menjalankan roda organisasi. Disampaikan bahwa pengurus ICMI yang beragam latar belakang menyakini bahwa keintelektualan diperlukan untuk menjawab kemajuan jaman.

“Kita tak boleh larut dalam suasana demokrasi sehingga penguasaan ilmu sangat penting,” ujarnya.

Lebih lanjut kata Jimly, ICMI sangat bergembira ketika MPR mempunyai badan dan lembaga pengkajian. Dirinya mengungkapkan sejak dulu mendorong MPR agar memiliki badan dan lembaga pengkajian dan menyerap serta melibatkan banyak pikiran dari masyarakat sehingga MPR hadi tak hanya sebagai representatif politik dan daerah namun juga general representatif.

Jimly berharap agar MPR menempati kembali posisinya sebagai lembaga yang mempunyai wibawa intelektual dan politik. “MPR merupakan wakil kepentingan dari seluruh rakyat,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Jimly mendukung MPR untuk menyelenggarakan Sidang Tahunan. Ini diperlukan agar MPR mengikuti tertib sistem ketatanegaraan. Dengan menyelenggarakan Sidang Tahunan maka posisi MPR menjadi jelas sebab diakui sekarang banyak lembaga negara namun rakyat tidak tahu apa fungsi dan wewenang lembaga-lembaga negara itu.

“MPR harus diberi posisi yang mantap untuk menyelenggarakan Sidang Tahunan,” ujarnya.

ICMI selain mendukung MPR melaksanakan Sidang Tahunan pada Agustus yang akan datang, organisasi itu juga mendukung MPR membuat haluan negara. Untuk itu ICMI siap memberi masukan.

- Advertisement -
Berita Terbaru
Berita Terkait