Jumat, 9 Desember 22

Hujan Lebat di Penghujung Musim Hujan

Beberapa hari terakhir wilayah Jakarta dan sekitar diguyur hujan lebat sehingga menyebabkan banyak genangan di beberapa tempat.

Pos hujan BMKG mencatat curat hujan tertinggi selama 24 jam terakhir (tanggal 21 April 2016) sebesar 202 mm di Depok. Sementara Pasar Minggu tercatat 166 mm, yang sudah masuk kategori Sangat Lebat (Ekstrim). Hujan ini terjadi cukup merata di seluruh wilayah Jabodetabek.

Kondisi ini dipicu oleh adanya daerah Pertemuan Dan Belokan Angin di sekitar Jawa bagian barat dan Sumatera bagian selatan yang menyebabkan tumbuhnya Awan-Awan Konvektif (Tumbuh Cepat) yang dapat menyebabkan HUJAN dengan disertai Kilat dan Guntur.

Berdasarkan Prakiraan Musim Hujan 2016 yang dikeluarkan oleh BMKG, pada tahun 2016 ini musim hujan cenderung Lebih Lama dibandingkan pada tahun normal. Sehingga pada tahun ini hujan masih Relatif Intensif hingga bulan Mei 2016 dan mulai memasuki masa keringĀ  pada bulan Juni 2016 untuk sebagian besar wilayah Indonesia bagian Barat.

Dalam tiga hari kedepan beberapa wilayah Indonesia diperkirakan masih berpotensi terjadi hujan lebat di antaranya di Lampung, Sumsel, Bengkulu, Babel, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, Maluku dan Papua. Sehingga masyarakat dihimbau agar tetap waspada dalam menghadapi pontesi hujan lebat dengan terus memperbarui informasi cuaca dari BMKG.

- Advertisement -
Berita Terbaru
Berita Terkait