Rabu, 6 Juli 22

Hari Ini DPR Bahas Pencalonan Kapolri

Wakil Ketua Dewan perwakilan Rakyat (DPR) Taufik Kurniawan mengatakan Pimpinan DPR akan mengadakan Rapat Pimpinan pada Kamis ini untuk membahas surat Presiden Joko Widodo tentang pengajuan Komjen Pol Tito Karnavian sebagai calon tunggal Kapolri.

“Rencananya sesuai dengan koordinasi dengan pimpinan DPR nanti jam 11.00 WIB, pimpinan DPR akan mengadakan rapat pimpinan, yang antara lain membahas surat dari Presiden tentang pengajuan calon tunggal Kapolri Pak Tito karnavian,” katanya di Komplek parlrmen, Senayan, Jakarta, Kamis (16/6).

Selanjutnya sambung Taufik, setelah Rapim, akan diagendakan Rapat Badan Musyawarah DPR pada pukul 13.00 WIB dan hasilnya akan dibawa ke Rapat Paripurna DPR.

Menurut dia, dalam Rapat Paripurna akan disampaikan bahwa DPR secara resmi telah menerima surat Presiden tersebut.

“Sekitar jam 11.00 WIB rapim, jam 13.00 WIB Rapat Bamus dan jam 14.00 WIB langsung rapat paripurna,” ujarnya.

Taufik menjelaskan, di Rapat Paripurna akan diterusken ke Komisi III DPR untuk dilakukan uji kelayakan dan kepatutan pada Selasa (21/6) atau Rabu (22/6).

Sebelumnya, Ketua DPR Ade Komarudin mengatakan institusinya telah menerima surat Presiden Joko Widodo yang mengajukan nama Komjen Pol Tito Karnavian sebagai calon Kapolri, selanjutnya akan segera ditindak lanjuti.

“DPR telah menerima surat dari Presiden Joko Widodo meminta pencalonan Komjen Pol Tito Karnavian sebagai satu-satunya calon Kapolri menggantikan Jenderal Badrodin Haiti,” katanya di Jakarta, Rabu (14/6).

Dia menjelaskan, Kamis (16/6) Pimpinan DPR akan mengadakan Rapat Pimpinan untuk membahas pencalonan Komjen Tito tersebut. Setelah itu menurut dia, akan dibawa ke Badan Musyawarah DPR untuk diagendakan dibahas dalam Rapat Paripurna.

- Advertisement -
Berita Terbaru
Berita Terkait