Sabtu, 3 Desember 22

Hadiri KTT G-7 Outreach, Presiden Berangkat ke Jepang

Jakarta – Dalam rangka KTT G-7 Outreach dan sekaligus memenuhi undangan PM Jepang Shinzo Abe, Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertolak dari Bandar Udara Internasional Halim Perdanakusuma, Jakarta menuju Nagoya, Jepang, Kamis (26/5) pagi.

Sejumlah pejabat tampak melepas keberangkatan Jokowi antara lain Menko Kemaritiman Rizal Ramli, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri PAN RB Yuddy Chrisnandi, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, dan Kapolri Jenderal Badrodin Haiti.

Di negeri Sakura itu, Jokowi dijadwalkan hadir pada KTT G-7 Outreach, Jumat (27/5) besok. KTT itu akan dihelat di Ise-Shima, dua jam dari Nagoya.

Pertemuan ini akan membahas dua isu besar terkait stabilitas dan kesejahteraan Asia, serta pembangunan berkelanjutan, pemberdayaan perempuan, dan kesehatan global.

Presiden Jokowi akan menjadi pembicara utama dalam pembahasan mengenai stabilitas dan kesejahteraan Asia.

Negara-negara anggota G7 adalah Amerika Serikat, Inggris, Kanada, Prancis, Jerman, Italia dan Jepang.

Selain menghadiri Pertemuan G-7 Outreach, Presiden Jokowi juga dijadwalkan akan melakukan pertemuan dengan sejumlah pemimpin negara sahabat, yakni Presiden Perancis Francois Hollande, Presiden Sri Lanka Maithripala Sirisena, dan PM Jepang Shinzo Abe.

Turut mendampingi Presiden dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo menuju Jepang adalah Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Sofyan Djalil dan Ketua DK Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Muliaman Hadad.

Presiden dan rombongan direncanakan akan tiba kembali di Indonesia, Jumat (27/5) malam.

- Advertisement -
Berita Terbaru
Berita Terkait