Jumat, 9 Desember 22

Gunung Pancar, Pesona Wisata Alam Terbuka

INDAH dan eksotis. Demikian pesona Gunung Pancar. Objek wisata Gunung Pancar adalah salah satu destinasi wisata diDesa Karang Tengah, Kecamatan Citereup, Kabupaten Bogor yang menjadi favorit penikmat perjalanan, terutama dari masyarakat Jakarta dan sekitarnya.

Obyek wisata tersebut populer dengan fasilitas kolam pemandian air panas yang buka hingga petang. Kocek yang dikeluarkan untuk menikmati mandi air panas sebesar Rp 25 ribu per orang per 30 menit.Kawasan wisata ini juga populer sebagai tempat camping, kegiatan bersepeda, joging, hiking, hingga berkuda.

Pepohonan pinus berjajar membentang menjadi panorama alami khas kawasan hutan lindung tersebut. Sejumlah satwa konon dikabarkan hidup bebas di kawasan ini. Air panas Gunung Pancar berasal dari mata air alami, dialirkan lewat pancuran ke kolam-kolam rendaman.Di tempat tersebut juga menawarkan sensasi wisata kuliner, alam, edukasi, budaya hingga sejarah.

Berkunjung ke lokasi wisata ini, dapat melewati tol dan keluar di Gerbang Tol Sentul Selatan, jika menggunakan kendaraan roda empat. Jarak tempuh untuk sampai ke tujuan, lebih kurang 13 kilometer. Selanjutnya, tinggal mengikuti jalan melewati Desa Babakan Madang dan Desa Karang Tengah dan hanya butuh waktu 20 menit. Sementara, bagi yang menggunakan motor, bisa melewati Desa Cimahpar yang tembus ke Sentul Selatan.

Informasi yang dihimpun indeksberita.com, Gunung Pancar termasuk Taman Wisata Alam (TWA) dibawah Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Jawa Barat. Selain tersedia pemandian air panas, di tempat tersebut juga terdapat makam keramat, dan menikmati pergelaran kesenian tradisional daerah yang dikelola oleh masyarakat sekitar.
“Warga disini percaya, air panas Gunung Pancar memiliki khasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit. Karena, air panas ini alami. Jadi, cocok bagi pengunjung yang ingin melakukan terapi ataupun sekedar relaksasi,” tukas Suhenda, pemilik warung kopi di lokasi tersebut, Minggu (17/4/2016)

Pria yang juga warga setempat itu menambahkan, umumnya wisatawan yang datang lebih memilih berendam di air panas.

“Banyak yang yakin dengan mandi air panas, bisa mengobati penyakit kulit hingga saraf terjepit,” tuturnya.

Rimbunnya hutan pinus yang berada di kawasan tersebut dengan suasana asri pegunungan juga menjadi tempat favorit para remaja. Bahkan, setiap akhir pekan menjadi rutinitas pasangan yang akan melanjutkan ke jenjang pernikahan untuk berfoto pra wedding.

“Suasana alam yang indah membuat nyaman. Itu yang membuat saya memilih Hutan Pinus Gunung Pancar sebagai lokasi berfoto,” ujar pengunjung asal Sawangan, Depok, Darma (25) yang datang bersama pasangannya. (eko)

- Advertisement -
Berita Terbaru
Berita Terkait