Minggu, 25 September 22

Garuda Buka Rute Penerbangan Jakarta – Danau Toba

MEDAN — Maskapai Garuda Indonesia membuka rute baru Soekarno Hatta Cengkareng Jakarta – Bandara Silangit Tapanuli Utara untuk mendukung penetapan Danau Toba sebagai destinasi wisata baru.Garuda akan melakukan penerbangan perdana pada 21 Maret 2016 nanti sebagai bentuk dukungan kepada Danau Toba.

Vice President Coorporate Communication Garuda Indonesia Benny Butarbutar mengatakan, Garuda akan terbang 3 kali dalam seminggu dengan rute Bandara Soekarno Hatta Jakarta-Bandara Silangit pulang pergi. “Jadwal penerbangan tiap Senin, Sabtu dan Minggu dengan pesawat jenis Bombardier CRJ 1000 kapasitas 96 penumpang.

Untuk sementara, ujar Butarbutar, Garuda akan terbang 1 kali dalam sehari sambil menunggu kesiapan Bandara Silangit untuk menambah frekuensi penerbangan. “Intinya untuk saat ini Garuda siap melayani masyarakat di rute tersebut untuk sekali penerbangan tiap Senin, Sabtu dan Minggu..”tutur Butarbutar.

Kepala Cabang Bandara Silangit Hotasi Manalu mengatakan, dengan panjang landasan atau runway Silangit saat ini 2250 meter dan lebar 30 meter, bandara siap didarati pesawat jenis Bombardier. Sebelum penerbangan perdana Garuda nanti, sambung Manalu, panjang landasan akan ditambah menjadi 2400 meter.

“Kami tinggal menambah sedikit saja panjang landasan meski sebenarnya sudah 2400. Namun masih sedikit perbukitan yang harus dipangkas. Itu sebabnya kami menyampaikan ke publik panjang landasan saat ini 2250 meter.”

Persiapan lainnya, ujar Manalu, ground handling untuk barang sudah diperbaiki. Meski belum menggunakan Garbarata, pesawat tetap memakai tangga biasa melayani penumpang keluar dan masuk ke pesawat di Terminal Silangit.” Terminal juga ditambah mesin pendingin meski cuaca di Bandara Silangit dingin karena daerah pegunungan.” ujar Manalu.

Secara keseluruhan, sambung Manalu, Bandara Silangit sudah siap beroperasi untuk menerima rute penerbangan Garuda. Bandara Silangit, sambung Manalu dibawah PT Angkasa Pura II intensif menjalin komunikasi dengan pihak Garuda untuk persiapan penerbangan perdana 21 Maret nanti lebih cepat dari jadwal semula 24 Maret.

- Advertisement -
Berita Terbaru
Berita Terkait