Selasa, 5 Juli 22

DPR Segera Bahas Proses Pencalonan Kapolri

Proses pencalonan Kepala Kepolisian Republik Indonesia yang diajukan oleh Presiden Joko Widodo mulai masuk dalam tahapan di DPR RI.

Dalam Sidang Paripurna DPR RI yang berlangsung di Senayan Jakarta, Senin (20/6), Wakil Ketua DPR RI Taufik Kurniawan membacakan surat pencalonan Kapolri dari Presiden.

Taufik mengatakan Surat Presiden RI Nomor R40/Pres06/2016 tanggal 15 Juni 2016 perihal pemberhentian dan pengangkatan Jabatan Kapolri.

Mekanisme pembahasan calon kapolri dan uji kelayakan serta kepatutan akan dilakukan melalui rapat pimpinan kemudian rapat Badan Musyawarah DPR dan kemudian dibawa ke Rapat Paripurna DPR.

Setelah diumumkan pengajuan calon dari Presiden pada Rapat Paripurna DPR RI, diteruskan ke Komisi III untuk dilakukan uji kelayakan dan kepatutan.

Uji kelayakan dan kepatutan Tito Karnavian diperkirakan akan berlangsung pada Selasa (21/6) atau Rabu (22/6).

Proses di DPR RI terkait calon Kapolri diharapkan selesai sebelum masa reses DPR RI yang ditandai dengan Sidang Paripurna pada 28 Juni mendatang.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo telah menunjuk Komjen Tito Karnavian sebagai calon tunggal Kapolri yang akan menggantikan Jendral Badrodin Haiti yang akan memasuki masa pensiun. Penunjukan Komjen Tito ini sebagai calon tunggal ini sempat menuai polemik di kalangan masyarakat.

- Advertisement -
Berita Terbaru
Berita Terkait