Kamis, 6 Oktober 22

DPR Sarankan Agar Pemerintah Berikan Penghargaan Pada Penyuluh Pertanian

Ketua komisi IV DPR RI Herman Khoerun mengatakan bahwa untuk menyukses program swasembada pangan, pemerintah perlu melakukan langkah pendampingan langsung kepada para petani.

“Pemerintah harus turun langsung ke lapangan melakukan langkah pengawasan kepada para petani,” kata Herman di Gedung Kementan, Jumat(2/9).

Lebih lanjut, Ia mengatakan bahwa hingga saat ini ada sekitar 62 persen petani dari total jumlah petani kita adalah tamatan SD, SMP dan SMA. Artinya para petani kita adalah rata-rata berpendidikan rendah, dan akan mengalami kesukitan dalam pemanfaatan Alat-Alat pertanian.

Menurutnya untuk mengatasi persoalan tersebut pemerintah perlu memaksimalkan peran penyuluh pertanian, Tenaga harian Lepas(THL) dan Tenaga Bantuan Penyuluh Pertanian(TBPP) untuk memberikan langkah penyuluhan kepada para petani.

Selain itu, Herman Khoerun juga mengungkapkan bahwa pemerintah perlu memberi reward/penghargan kepada para THL-TB di lapangan.

Menurutnya langkah pengangkatan penyuluh pertanian menjadi CPNS sangat penting dilakukan, sebagai bagian dari penghargaan dari pemerintah terhadap kerja keras dari para penyuluh di seluruh tanah air.

“Kita harus memberikan penghargaan itu kepada para penyuluh kita sehingga mereka semakin bersemangat dalam mendampingi para petani terutama dalam menyukseskan program swasembada pangan,” pungkasnya.

- Advertisement -
Berita Terbaru
Berita Terkait