Minggu, 25 September 22

Dituduh Dukung Perjuangan LGBT, Ini Bantahan Menag

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin membantah tudingan terkait pernyataan dirinya mendukung perjuangan kelompok Lesby, Gay, Biseksual, Transgender (LGBT).

Menurut Lukman, tudingan disejumlah media online dan media sosial itu muncul pasca dia menghadiri acara Ulang Tahun Aliansi Jurnalis Independen (AJI) ke 22 di Hotel Sari Pan Pasific, Jl MH Thamrin, Jakarta Pusat, Jumat (26/8/2016) lalu. Dalam acara ultah salah satu organisasi insan pers Indonesia itu, Lukman diminta untuk menyampaikan orasi kebudayaan.

“Isi orasi saya justru mengingatkan media agar bersifat obyektif dan mengacu pada konstitusi NKRI yang masyarakatnya beragama dan beragam,” kata Lukman Hakim Saifuddin di Kantor Menteri Agama, Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, (30/8).

Setelah itu, lanjut Lukman, Panitia Pelaksana acara Hut AJI ke 22 itu melanjutkan susunan acara dengan memberikan tiga buah award (penghargaan) kepada sejumlah kalangan yaitu, Tasrif Award untuk kategori lembaga/komunitas yang paling gigih memperjuangkan hak-haknya. Udin Award untuk wartawan yang paling gigih dengan liputan atau kehormatan profesinya, dan SK Trimurti Award untuk perempuan yang gunakan media untuk berjuang.

“Ternyata yang menjadi pemenang untuk memperoleh Tasrif Award adalah Komunitas LGBTIQ dan IPT (korban 65). Saya tidak tahu menahu soal award kan, saya juga menyampaikan orasi sama sekali tak menyinggung para pemenang award tersebut,” paparnya.

Ia pun menegaskan, kehadirannya dalam acara Hut AJI itu tidak lebih hanya sebagai tamu undangan, dan sama sekali tidak terkaitĀ  dengan pemberian tiga award tersebut.

“Saya tentu tak bisa intervensi apapun terhadap penetapan award yang masing-masing dilakukan oleh tim penilai tersendiri kan. Jadi saya tidak ada hubungannya sama sekali dengan award untuk komunitas LGBTIQ itu,” tutur Lukman.

- Advertisement -
Berita Terbaru
Berita Terkait