Kamis, 30 Juni 22
Beranda Featured Direktur BNPT: Islam Tidak Identik dengan Radikalisme dan Terorisme

Direktur BNPT: Islam Tidak Identik dengan Radikalisme dan Terorisme

0
Direktur BNPT: Islam Tidak Identik dengan Radikalisme dan Terorisme

Jakarta – Direktur Bidang Deradikalisasi BNPT Irfan Idris secara tegas menepis pandangan bahwa Islam identik dengan radikalisme dan terorisme.

“Yang terjadi adalah kelompok teroris memanfaatkan Islam sebagai identitasnya untuk mencapai tujuannya dengan cara-cara yang tidak Islami,” ungkap Irfan saat menjadi narasumber diskusi bertajuk “Radikalisme dan Terorisme” di Jakarta, Sabtu (30/4).

Terkait fakta adanya kelompok Islam tertentu yang mencoba menjadikan paham yang diyakininya dijadikan sebagai dasar negara Indonesia, Irfan menilai kelompok tersebut dipenuhi oleh ilusi yang tidak berdasar.

“Indonesia merupakan negara dengan keragaman agama, suku, dan budaya yang tidak mungkin diseragamkan. Pancasila menjadi perekat dasar dari keberagaman kita,” tukasnya.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Pusat Studi Pesantren Al Falak Bogor Ahmad Ubaidillah mengatakan, identitas Islam yang disematkan para radikalis dan teroris pada kenyataannya sangat merugikan Islam dan kaum muslim yang secara umum justru menolak gagasan dan praktik kekerasan yang mengatasnamakan Islam.