Minggu, 25 September 22

Dilaporkan Pospera, Koalisi ‘Tak Gentar’ Akan Bela Gendo Aktivis ForBali

Sebanyak 176 lowyer yang menamakan diri Tak Gentar (Tim Advokasi Kriminalisasi Untuk Gendo Tolak Reklamasi) siap membela Koordinator ForBALI Wayan Gendo Suardana yang dilaporkan oleh ormas Pospera (Posko Perjuangan Rakyat) pada 15 Agustus 2016 lalu,akibat kicauannya di sosial media.

Koordinator kuasa hukum Gendo I Made Ariel Swardana mengatakan, telah terkumpul sebanyak 176 advokat yang siap membela Gendo dan nantinya akan terus bertambah.

“Kami ingin sampaikan bahwa tim ini sepakat menamakan diri dengan nama Tak Gentar, dengan total advokat 176 orang,” kata I Made Ariel Swardana di Kantor Walhi, Tegal Parang, Jakarta Selatan, Rabu (24/8).

Selanjutnya, Swardana kembali menegaskan bahwa pelaporan terhadap Gendo yang dilakukan oleh ormas Pospera adalah salah satu upaya untuk mengkriminalisasikan aktivis.

“kicauan Gendo itu tidak dialamatkan pada siapapun,” ujarnya.

Sementara, Ketua IHCS yang juga sebagai pengacara yang ikut membela gendo, Ridwan Darmawan, ikut menegaskan, terkait ras “napitupulus” yang dipersoalkan oleh ormas Pospera dalam pelaporan tersebut tidak ada unsur melecehkan atau merugikan etnis tertentu.

“Akun tersebut no mention, artinya tidak bermaksud kepada siapaun,” tegasnya.

Sehingga, kata Ridwan, upaya pelaporan itu cukup berbahaya, bahkan anti demokrasi, meskipun cara melalui jalur hukum tersebut beradab dalam konteks demokrasi.

“Namun, pilihan melaporkan kawan kita “Gendo” dengan ujar kebencian lewat sara, itu sesuatu yang cukup berbahaya. Sehingga tim ini akan terus memperlebar keterlibatan banyak orang,” tandasnya.

- Advertisement -
Berita Terbaru
Berita Terkait