Kamis, 6 Oktober 22

Demo Wapres JK, Aktivis AGRA Ditangkap

BOGOR – Kehadiran Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla Pustekbang-LAPAN, Desa Sukamulya, Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor diwarnai aksi penangkapan pengunjuk rasa Aliansi Gerakan Reforma Agraria (AGRA), Junaedi saat akan menggelar berdemo, Rabu (22/6/2016).

“Rekan kami, Junaedi ditangkap Polsek Rumpin saat akan berunjuk rasa pukul 09.50 WIB di Kampung Cikoleang. Saat itu, Wapres Jusuf Kalla tengah melintas saat akan ke Pustekbang-LAPAN, Rumpin untuk menghadiri acara peresmian pengembangan sistem pemantauan maritim berbasis iptek penerbangan dan antariksa,” ujar Sekjen AGRA, Muhamad Ali kepada indeksberita.com, Rabu (22/6/2016).

Penuturannya, belum sempat berorasi menyampaikan tuntutannya, aparat Polsek Rumpin yang sudah berjaga-jaga langsung menyergap salah satu aktivis AGRA yang dianggap kordinator pengunjuk rasa dan langsung menggelandang ke kantor polsek setempat.

“Tujuan unjuk rasa AGRA bersama warga adalah ingin minta penyelesaian kepada Wapres Jusuf Kalla terkait konflik lahan masyarakat Desa Sukamulya dengan TNI AU. Junaidi sendiri adalah salah satu aktivis dari Desa Sukamulya, kecamatan Rumpin, Bogor-Jawa Barat yang memperjuangkan tanah dan desanya dari klaim TNI AU-Atang Sanjaya,” ujarnya.

Kembali dia melanjutkan, konflik antara warga desa rumpin dengan TNI AU sudah berlangsung lebih dari 10 tahun. Berawal ketika TNI AU mengklaim 1.000 hektar tanah di Desa Sukamulya. Sementara, Desa Sukamulya hanya seluas 1.070 hektar.

Terpisah, Kepala Kompartemen Organisasi AGRA, Ridwan Hasanudin menyampaikan rekannya Junaedi saat ini sudah dibebaskan. Dikatakannya, AGRA tidak bermaksud menghalangi iring-iringan Wapres Jusuf Kalla.

“Kita hanya mendesak pemerintah agar segera menyelesaikan masalah ini. Sebab, masalah sengketa tanah ini sudah berlangsung sejak 2006. Kita sendiri beberapa kali bertemu perwakilan Kantor Staf Presiden (KSP) dan warga dijanjikan akan ada penyelesaian dalam waktu dekat. Tapi, sampai saat ini masih belum ada solusi,” tuntasnya.

Sementara, Kapolsek Rumpin, Kompol Parmin saat akan dikonfrimasi diperoleh informasi sedang tidak berada di tempat.

“Bapak sedang tidak berada di tempat pak,” demikian jawab petugas jaga Polsek di ujung telepon. (eko)

- Advertisement -
Berita Terbaru
Berita Terkait