Senin, 26 September 22

Dapat Hibah Armada Baru, Akan Kemana 25 Bus Lama Milik AMI?

Yogyakarta –25 armada baru Trans Jogja (TJ) yang dihibahkan Kementerian Perhubungan melalui Dishub DIY kepada PT. Anindya Mitra Internasional (AMI) membuat ‘nasib’ 25 bus armada lama TJ jadi tanda tanya. Apakah tetap di AMI atau ke Jogja Tugu Trans (JTT)?

Hal itu muncul karena pihak AMI juga menjalankan bentuk kerjasama dengan operator lain yaitu JTT.

Direktur Utama AMI Dyah Puspitasari menjelaskan,  kerjasama antara AMI dengan JTT merupakan  kerjasama manajerial dengan  pembagian keuntungan, berbasis dukungan pelayanan fasilitas transportasi (fisik) dan pelayanan personal kepada konsumen.

Menjawab kemanakah alokasi armada lama, Dyah mengatakan bahwa pengembalian armada akan dilihat dari kepemilikan armada-armada yang ada. Hingga saat ini, dari 74 armada lama,  AMI merupakan pemilik dari 20 armada dan sisanya dimiliki oleh JTT.

“Kalau AMI, kepemilikan bus lama yang jelas nanti tidak dipakai untuk trayek angkutan perkotaan. Sebagian nanti ada yang kita lelangkan, sebagian nanti kita pakai untuk angkutan yang lain. Bisa juga untuk pariwisata, yang penting kan platnya hitam dulu. Setelah  itu nanti kita ajukan izin juga tidak ada masalah selama memenuhi kriteria.” Jelas Dyah saat ditemui di PT. AMI Jl Janti, Km 4, Yogyakarta, Selasa (14/6).

Mengkonfirmasi sistem pembayaran baru sesuai dengan yang dikatakan Hari Agus Tri selaku Kabid Angkutan Darat Dishubkominfo DIY (10/6), Dyah menjawab pihaknya belum tahu secara seperti apa. Tapi sistem tersebut nantinya akan di-instal di dalam bus.

- Advertisement -
Berita Terbaru
Berita Terkait