Kamis, 1 Desember 22

Curug Ciherang, Pilihan Wisata Air Saat Liburan

Tidak lama lagi, liburan sekolah akan datang, pilihan-pilihan tempat tujuan berlibur tentu akan sangat dibutuhkan. Sentul tidak hanya popular dengan lokasi balap motor. Di tempat ini, ada wisata air tersembunyi yang boleh dibilang belum optimal digarap oleh tangan Dinas Pariwisata Pemerintah Kabupaten Bogor. Namanya, Curug Ciherang. Bertempat tidak jauh dari Jakarta, dan tentunya Bogor, ada kesan asri yang berbeda pada air terjun ini.

Alam yang masih sangat terjaga, udara yang belum tercemar serta masih banyak terdengar suara kicauan burung membuat suasana berlibur ke Curug Ciherang Desa Warga Jaya, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor tepat untuk menghilangkan kepenatan.

raw-19

Curug ini lokasinya sekitar 20 km dari kecamatan Citeureup Cibinong  dan 40 km dari Jakarta. Untuk mencapai wana wisata air tersebut bisa melalui Citeureup yakni melewati jalur alternatif Jakarta – Cianjur via Jonggol. Selanjutnya,  menuju Sukamakmur. Sedangkan akses dari Jakarta bisa ditempuh melalui pintu tol Jagorawi Citeureup kemudian menyusuri Jalan Raya Mayor Oking Jaya Atmaja mengarah pertigaan jalan Jonggol, dan nantinya akan ditemui papan petunjuk jalan menuju Curug Ciherang.

Bila sudah sampai di area wisata Curug Ciherang, dari pintu masuk perjalanan ke area parkir (sekitar 1500 meter) melewati jalan setapak berundak dan berbatu dengan jarak sekira 500 meter.  Untuk tiket masuk dikenakan pungutan Rp.15.000 dan biaya parkir untuk motor Rp.5000 dan mobil Rp.20.000.

Curug Ciherang merupakan air terjun ciherang yang dikelola oleh Perhutani. Sebutan ciherang berasal dari bahasa Sunda yang berarti air bening. Meski tidak ada pelataran kolam, aliran air terjun yang tidak terlalu deras tetap menarik menjadi pilihan tempat untuk dikunjungi. Apalagi, suasana sekitar curug yang sepi dan hening.

raw-17

Salah satu yang menjadi nilai tambah ekowisata Curug Ciherang, yang memiliki ketinggian sekitar 35 meter tersebut, yakni adanya tiga undakan luncuran air. Curug Ciherang berdekatan dengan Curug Ciguntur. Mengingat trek jalan yang buruk, disarankan pengunjung yang berminat datang agar menggunakan sandal gunung atau sepatu agar tidak tergelincir.

Dilingkungan Curug Ciherang ini juga terdapat rumah pohon. Rumah-rumahan yang dibangun tepat diatas pohon, memungkinkan wisatawan menikmati keindahan pemandangan alam sekitar dari ketinggian. Untuk mencapai atas pohon, pengunjung harus melewati jembatan. TIketnya hanya Rp.2000.

“Setiap hari libur, pengunjung Curug Ciherang lumayan banyak meski belakangan ini hujan sering turun. Wisatawan yang datang berasal dari luar Bogor, tapi ada juga yang dari Bogor. Yang membuat di lokasi air terjun ini pemandangan alamnya, air terjun yang bersih dan rumah pohon yang sering dimanfaatkan pengunjung untuk berselfie,” kata Keken (32) penjaja tiket masuk, kepada indeksberita.com, Selasa (28/3/2017).

Di kawasan wisata curug ini sudah tersedia ruang ganti, bilas serta toilet. Fasilitasnya terbilang lengkap. Dilingkungan Curug Ciherang juga tersedia beberapa vila area kemping dan wahana outbound anak. Yang pasti, Curug Ciherang dijamin akan membuat ketagihan yang sudah berkunjung.  Sebab, sejauh mata memandang, bentangan pemandangan yang indah seakan ikut menyambut kedatangan wisatawan.

- Advertisement -
Berita Terbaru
Berita Terkait