Rabu, 29 Juni 22

Bumikan Pancasila, Anggota Legislatif DPR PDIP Sosialiasi 4 Pilar

BOGOR – Di depan ratusan pelajar perwakilan SMA dan SMK se Kota Bogor, Anggota Fraksi Partai PDI Perjuangan DPR RI, Diah Pitaloka mengungkapkan pentingnya pemahaman Empat Pilar dimulai dari bangku sekolah. Menurutnya, tidak hanya sekedar menanamkan rasa cinta Tanah Air dan jiwa kebhinekaan di kalangan kaum muda. Namun, juga untuk memupuk semangat persaudaraan menghindari tawuran.

“Pelajar adalah promotor penggerak bagi kemajuan bangsa. Dengan begitu, pelajar harus memiliki jiwa kepemimpinan, rasa bersaudara dan memiliki keteladanan yang berdasar pada pilar-pilar kebangsaan,” tutur Diah di Gedung Kelurahan Kebon Kelapa, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Kamis (14/4/2016).

Guna menghindari pengaruh anti Pancasila, sebutnya, akan sangat mustahil menanamkan nilai kebangsaan.

“Setiap warga negara, wajib berpartisipasi membangun iklim bernegara yang sehat tanpa harus membedakan agama dan ras. Kedepankan persaudaraan. Inilah yang menjadi kekuatan besar semangat kebangsaan,” ujarnya.

Dihadiri Lurah Kebon Kelapa, Nana Suryana, politisi PDI Perjuangan ini mengajak menghayati makna yang terkandung seperti NKRI, Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, dan UUD Tahun 1945 yang merupakan harga mati yang harus di perjuangkan.

“Di masa depan, saya berharap bangsa akan lebih tegak dan kokoh dalam menuju cita-cita proklamasi. Sehingga, dalam kehidupan seperti sekarang dimana nilai-nilai luhur kegotong-royongan mulai memudar, nilai-nilai tata krama dan budi pekerti mulai tergerus oleh zaman bisa diperbaiki,” lanjutnya.

Masih kata Diah, Pancasila sebagai ideologi bangsa harus hidup dan diimplementasikan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Tidak ada pilihan lain. Indonesia bisa berjaya dengan bersatu atas perbedaan karena Pancasila,” tuntasnya. (eko)

- Advertisement -
Berita Terbaru
Berita Terkait