Kamis, 1 Desember 22

BPBD Bogor Petakan Wilayah Rawan Bencana

BOGOR – Sejumlah wilayah rawan bencana sudah dipetakan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor. Meski ada perubahan musim, BPBD memastikan selalu siap siaga. Kecuali jika ada perubahan cuaca ekstrem, dilakukan penambahan jumlah anggota. Hal itu dikatakan Kepala Seksi Kesiap-siagaan BPBD Kabupaten Bogor Budi Aksomo.

“Kita telah mem­bentuk enam desa tangguh bencana yakni Desa Gunung­geulis, Cipayungdatar, Pondo­krajeg, Bojonggede, Cijayanti dan Karangasem,” ujarnya kepada indeksberita.co, Kamis (25/2016).

Menurut Budi, saat ini BPBD juga dilengkapi alat deteksi dini yang dipasang di beberapa tempat yang dinilai rawan bencana.

”Alat deteksi baru dipasang di dua tempat. Pendeteksi tanah longsor di Kecamatan Sukamakmur sedangkan di Kecamatan Gunung­putri dipasang alat pen­deteksi banjir,” tuturnya.

Empat wilayah di Kabupaten Bogor sudah dipetakan sebagai zona merah rawan bencana oleh BPDB. Bencana tersebut meliputi tanah longsor, banjir dan angin puting beliung yang kerap terjadi di Kabupaten Bogor.

“Di wilayah timur merupakan daerah rawan longsor dan banjir di Tanjungsari, Cariu, Jonggol, Sukamakmur, Babakanmadang, Klapanunggal dan Citeureup. Se­dangkan daerah rawan banjir lainnya terdapat di Tanjungsari, Jonggol, Gunungputri, khususnya Desa Bojongkulur,” ujarnya.

Sementara, daerah rawan longsor wilayah selatan adalah di Cisarua, Mega­mendung, Ciawi, Caringin, Ci­gombong, Cijeruk dan Taman­sari. Wilayah rawan longsor di bagian barat seperti di Cibungbulang, Pamijahan, Tenjolaya, Leuwiliang, Leuwisadeng, Sukajaya, Cigudeg, Nanggung dan Jasinga.

“Untuk daerah rawan angin puting beliung terdapat di Ten­jolaya, Pamijahan, Ciomas dan Dramaga. Sedangkan rawan banjir ada di Parungpanjang. Terakhir, di wilayah tengah dae­rah yang menjadi rawan banjir yakni Bojonggede,” tutupnya.

Perlengkapan BPBD Kabupaten Bogor terbilang memadai dengan dilengkapi peralatan pendukung penanggulangan bencana, mulai dari mobil patroli, ambulans hingga kendaraan logistik. Saat ini, kekuatan personel BPBD Kabupaten Bogor meliputi anggota Tim Reaksi Cepat (TRC), anggota Pemadam Kebakaran hingga PMI. (eko)

- Advertisement -
Berita Terbaru
Berita Terkait