Rabu, 17 Agustus 22

Besok, Massa Aksi 212 Bogor Jalan Kaki ke Jakarta

BOGOR – Umat muslim asal Kota Bogor dan sekitarnya akan lakukan long march menuju Monas, Jakarta, Kamis (1/11/2016). Massa aksi bela Islam Jilid III yang dimobilisasi Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Majelis Ulama Indonesia (GNPF MUI) tersebut akan mulai bergerak pukul 09.00 WIB dari halaman Gedung MUI, Jalan Pajajaran, Kota Bogor.

“Kita akan mulai aksi pagi hari, sekitar pukul 09.00 WIB dengan berjalan kaki. Terhitung siang tadi, sudah banyak masyarakat Kota Bogor yang menyatakan akan ikut bergabung,” tukas Tim Pendaftaran GNPF MUI, Ustad Halim saat diwawancarai indeksberita.com, Rabu (30/11/2016).

Masih menurutnya, para peserta aksi Jumat (2/12) nanti tidak hanya dari kalangan santri dari beberapa pondok pesantren, namun beberapa mahasiswa dan pemuda juga sudah menyatakan akan ikut bergabung.

“Perkiraan kita ada sekitar 30 ribu massa yang akan berjalan kaki menuju Monas. Mereka yang ikut dari lintas usia, mulai dari muda hingga tua, juga termasuk wanita. Karena itu, kita akan siapkan banyak kendaraan pick up yang nantinya untuk mengangkut peserta yang kelelahan, juga membawa bekal logistik. Selain itu, beberapa ambulans sudah disiapkan,” tuturnya.

Peserta yang akan ikut bergabung, sambung Halim, diwajibkan mengenakan ikat kepala merah putih, berpakaian muslim dan membawa sejadah. Rute yang akan dilalui yakni melintasi Jalan Pajajaran, Jalan Raya Jakarta-Bogor.

“Selanjutnya, beberapa peserta aksi akan susuri Jalan Margonda Depok, kemudian Pancoran, Manggarai dan kemudian menyusuri Jalan Sudirman dan berakhir di Monas, Jakarta. Terkait pendanaan, diperoleh dari hasil sumbangan umat muslim,” ujarnya.

Terkait aksi jalan kaki, Ketua GNPF MUI Kota Bogor Ustaz Iyus Khaerunnas mengatakan, keputusan tersebut berdasarkan aspirasi dari ormas Islam dan masukan para ulama.

“Aksi berjalan kaki ini untuk syiar Islam, menunjukkan solidaritas dan kepedulian umat Islam akan ukhuwah dengan rasa senasib sepenanggungan serta menunjukkan persatuan umat Islam,” ujar Ustadz Iyus.

Sebagai informasi, jarak kota Bogor ke Monas, Jakarta ditinjau dari Google map sekitar 60 kilometer. Jika jarak ini di tempuh dengan berjalan kaki, disertai istirahat, diperkirakan massa aksi GNPF MUI Kota Bogor akan memerlukan waktu sekitar 15 jam tiba di Jakarta. Bila peserta aksi berangkat pukul 09.00 WIB, diprediksi sekitar pukul 02.00 Jumat dinihari tiba di Monas, Jakarta. (eko)

- Advertisement -
Berita Terbaru
Berita Terkait