Jumat, 2 Desember 22
Beranda Featured Belajar Sejarah Dari Taman

Belajar Sejarah Dari Taman

0

Sejarah sering identik dengan gedung arsip dan buku buku di perpustakaan. Tapi bagaimana jika kita belajar sejarah di Taman?Apalagi bulan Mei adalah bulan perjuangan dimana reformasi 18 tahun lalu berlangsung.

Di sudut kota Jakarta tepat nya Tanah Abang 1 terdapat Taman Prasasti. Disinilah kita bisa menemukan batu kubur Soe Hok Gie, tokoh mahasiswa yang terkenal itu, di tengah kuburan orang orang Belanda di masa lampau. Nisannya ditandai dengan patung malaikat kecil dan di prasastinya tertulis pesan singkat.

Taman prasasti sendiri juga tempat dimana makam istri Gubernur Jendral Inggris Olivia dimakamkan. Masih banyak yang bisa di dapat dari taman ini. Nama nama di masa silam karena banyak yg dikubur adalah para petinggi Belanda di masa kolonial, ternasuk pendiri Stovia: Roll HF

Di Taman Prasasti ini kita bisa sedikit merenung mengenai arti bulan Mei sebagai bulan reformasi, dan berusaha memahami apa yang tertulus di batu nisan Soe Hok Gie: Nobody knows the troubles I see, Nobody knows my Sorrow.