Minggu, 25 September 22

Beberapa Pihak Menyimpulkan Tito Karnavian Bersih

“Tito dinilai punya kemampuan bekerja secara profesional dan bekerja sama dengan semua pihak”

Jakarta – Rekam jejak Tito Karnavian menurut catatan Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas), Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Pusat Pelaporan dan Analisa Transaksi Keuangan (PPATK), dan Komisi III DPR RI menyatakan Komisaris Jenderal (Pol) Tito Karnavian bersih, sehingga yang bersangkutan dapat melanjutkan proses uji kelayakan dan kepatutan di DPR RI.

Demikian yang terungkap dalam rapat dengar pendapat antara KPK, PPATK, Kompolnas, dan Komisi III DPR RI tentang rekam jejak Tito Karnavian.

“Komjen Tito lama saya kenal, dalam beberapa saat ini cukup dekat dalam tugas profesional, beberapa kali mendampingi ke luar dan dalam negeri, dari berbagai sumber, Komjen Tito perwira yang profesional,” kata Ketua Kompolnas yang juga Menko Polhukam Luhut B Pandjaitan di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (21/6/2016)

Luhut menambahkan, berdasarkan catatan dan evaluasi Kompolnas, Tito dinilai punya kemampuan bekerja secara profesional dan bekerja sama dengan semua pihak.

“Di Kompolnas melakukan evaluasi terhadap beberapa calon dan itu disampaikan kepada presiden sebagai masukan dan presiden pilih Komjen Tito,” kata Luhut.

Sementara itu Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Agus Rahardjo mengatakan, KPK menemukan catatan buruk dari pengaduan masyarakat maupun laporan harta kekayaan pejabat Negara (LHKPN), atau hal yang tidak wajar tentang Tito.

“Pengaduan masyarakat tidak ada laporan terkait Komjen Tito. LHKPN laporan dua kali November 2014 dan Maret 2016, tidak ada sesuatu yang aneh, KPK tidak temukan hal yang aneh,” paparnya.

Sementara itu, Ketua PPATK Muhamad Yusuf mengatakan hingga saat ini penelusuran PPATK tidak menemukan transaksi mencurigakan pada rekening milik Tito Karnavian.

“Kami catat Komjen Tito sejak 2004 hingga 2014 punya 14 rekening di bank swasta, semua sudah ditutup, tiga rekening di bank plat merah, dua tutup, tinggal satu rekening,” kata Yusuf.

“Istri Tito Karnavian memiliki empat rekening dan memiliki asuransi, tidak ada transaksi yang mencurigakan. Sementara tiga anak, masing-masing satu rekening dan tidak ada yang tidak wajar,” kata Ketua PPATK.

Pada kesempatan yang sama, Menkumham Yasona Laoly juga mengatakan Tito Karnavian merupakan sosok yang profesional dan bekerja dengan baik.

Dalam rapat yang dipimpin oleh Ketua Komisi III Bambang Soesatyo, sejumlah anggota komisi III menyampaikan dukungan dan apresiasinya atas rekam jejak Tito Karnavian. Selanjutnya, Komisi III merencanakan kunjungan ke rumah calon Kapolri pada Rabu (22/6) dan melakukan uji kelayakan dan kepatutan pada Kamis (23/6) mendatang.

- Advertisement -
Berita Terbaru
Berita Terkait