Kamis, 6 Oktober 22

Bangun Koalisi 7 Partai, PDI Perjuangan Menjauh dari Ahok

Bergabungnya PDI Perjuangan dalam koalisi 7 partai politik yang berencana akan memilih kandidat untuk pilkada DKI Jakarta 2017, menuai pertanyaan yang besar dan sekaligus dugaan bahwa PDI Perjuangan mulai menjauh dari kemungkinan mencalonkan Basuki Tjahaya Purnama alias Ahok.

“PDIP tampak mau memegang kendali koalisi untuk memastikan kemenangan, kondisi ini mirip dengan Pilgub DKI 2007 dimana PDIP menggalang koalisi besar bersama partai-partai mengusung Fauzi Bowo yang terbukti berhasil mengalahkan Adang Daradjatun yang diusung PKS,” kata pengamat politik Universitas Nasional Muhamad Hailuki seperti dikutip Antara, Selasa (9/9).

Selanjutnya Luki mengatakan, bila nantinya calon independen Ichsanudin Noorsy tidak lolos verifikasi KPU DKI Jakarta maka persaingan antara Ahok dengan calon gubernur (cagub) dari koalisi tujuh partai tersebut akan berlangsung sengit.

“Namun keberhasilan seperti pilkada 2007 belum tentu bisa terulang karena sangat bergantung kepada siapa sosok yang akan diusung,” kata Luki.

Ia mengatakan warga ibu kota mencari figur dengan tipikal kepemimpinan pendobrak nyata dan bukan sekedar pencitraan.

“Jika ‘head to head’ (antara Basuki dengan cagub dari koalisi) maka yang berada dalam posisi sulit adalah Presiden Jokowi,” katanya.

Luki menilai, Jokowi memiliki kedekatan dengan Ahok karena pernah bersama-sama memimpin Jakarta saat menjadi Gubernur sementara di sisi lain saat maju sebagai capres 2014 lalu, PDIP merupakan salah satu partai pengusung Presiden Joko Widodo.

Sebelumnya pengurus tujuh dewan pimpinan wilayah/daerah partai politik, dalam sebuah pertemuan di Jakarta, Senin (8/8), sepakat membentuk Koalisi Kekeluargaan untuk mengusung pasangan calon dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) DKI 2017.

Selain mengumumkan koalisi, tujuh ketua DPW/DPD partai yakni PDIP, PKB, PAN, PKS, PPP, Gerindra, dan Demokrat, juga menyepakati kriteria calon pemimpin DKI yang akan bersama-sama diusung.

- Advertisement -
Berita Terbaru
Berita Terkait