Senin, 26 September 22

APHR Diterima Resmi oleh Parlemen Timor Leste

APHR (Asean Parliamentarians for Human Rights) mendapat kehormatan diterima dalam jamuan makan malam resmi di Gedung Parlemen Timor Leste (TL). Makan malam berlangsung tadi malam (1/8/2016) dipimpin langsung oleh Presiden Parlemen TL, Aderito Hugo da Costa beserta para wakil yaitu Eduardo Barretto Dusae dan Domingus Alves da Silva Bilou Mali, serta 8 anggota parlemen TL yang sudah terdaftar sebagai anggota APHR.

Delegasi APHR dipimpin oleh Eva Sundari dari Indonesia beserta para anggota parlemen yaitu Mu Sochua (Kamboja), Teodoro Baguilat (Philipina), Rachada Dhnasirek (Thailand), Nguyen Van Thien (Vietnam), Htay Kwe (Myanmar), Katshuri Patto (Malaysia) dan Mercy Barends (Indonesia). Makan malam diisi dengan diskusi politik ringan sambil menikmati 3 tarian tradisional TL.

Dalam pidato pembuka, Presiden Parlemen TL, Aderito Hugo meminta dukungan para anggota parlemen untuk mendukung proposal TL menjadi anggota Asean. Di saat yang sama, Ia juga mendukung dan bersedia menjadi anggota APHR dalam upaya APHR untuk menciptakan Asean menjadi komunitas yang responsif dan mendukung penegakkan HAM.

Sementara itu, Wakil Ketua APHR Eva Sundari dalam pidato balasan, menegaskan bahwa APHR mendukung proposal TL sehingga mendukung pula penyelenggaraan Asean People’s Forum (APF) di Dili dan menjadi peserta aktif.

Sebaliknya Dili, ternyata menjadi best practice melebihi anggota Asean lain, yaitu berhasil meningkatkan presentasi perempuan di parlemen dalam 13 tahun sudah mencapai 40%.

Jamuan makan malam ditutup tukar-menukar tanda mata dari dua belah pihak dan foto bersama.

“Ada kesepahaman dan komitmen bahwa parlemen harus berkolaborasi baik di tingkat individu maupun kelembagaan untuk memastikan Asean menuju arah yang benar dari slogan Asean ‘people centered’ community’,” kata Eva yang juga anggota Komisi XI DPR dari PDI Perjuangan di akhir acara.

- Advertisement -
Berita Terbaru
Berita Terkait