Kamis, 7 Juli 22

Andi Zakaria : Permen Nomor 37 Tahun 2016 Meningkatkan PAD Kabupaten/Kota di Kaltara

Provinsi Kalimantan Utara selain dikenal karena sebagaian wilayahnya yang berbatasan langsung dengan negara Malaysia, lahan pertanian yang subur, juga mempunyai sumber daya alam yang sangat kaya terutama dari minyak bumi dan gas (Migas). Dan Pemerintah Pusat sendiri sudah mengeluarkan kebijakan melalui Permen Nomor 37 tahun 2016, tentang pengelolalaan Sumber Daya Mineral (SDM), yang mengatur Ketentuan Penawaran Participating Interest 10% (Sepuluh Persen) pada Wilayah Kerja Minyak dan Gas Bumi.

Dengan adanya Permen (Peraturan Pemerintah) tersebut, menjadi potensi besar bagi Provinsi Kalimantan Utara untuk menggenjot Pendapatan Asli Darerah (PAD). Hal tersebut diutarakan Sekretaris Pansus PT Migas Kaltara Jaya, DPRD Provinsi Kalimantan Utara, Andi Zakaria kepada indeksberita.com, Sabtu (20/1/2018) di Nunukan.

Andi mengungkapkan bahwa hal tersebut merupakan kesempatan Provinsi Kalimantan Utara untuk bangkit dalam perekonomian sehingga sejajar dengan daerah lain.

“Kesempatan ini merupakan kesempatan bagus yang diberikan Pemerintahan Jokowi kepada Pemerintah Daerah untuk memperoleh andil dalam mengelola aset sumber daya alam yang dimilikinya,” tutur Andi.

Karena melalui Permen Nomor 37 Tahun 2016 tersebut, lanjut Andi, Pemerintah Kabupaten/Kota yang berpotensi memiliki cadangan Migas dengan titik koordinat / wilayah kerja berada pada zona 0-4 mil, maka Kabupaten dan Provinsi mempunyai masing2 50 persen dari 10 persen dari PI (Participating Interest) tersebut. Untuk itu Andi meminta kepada Pemerintah Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Kalimantan Utara agar sigap memanfaatkan kesempatan ini.

- Advertisement -
Berita Terbaru
Berita Terkait