Kamis, 6 Oktober 22

ALMISBAT Deklarasi Dukung Djarot Saiful Hidayat

Jakarta – Salah satu organisasi relawan Jokowi, Aliansi Masyarakat Sipil Untuk Indonesia Hebat (ALMISBAT) mendeklarasikan dukungannya terhadap Djarot Saiful Hidayat menjadi Calon Gubernur DKI Jakarta 2017 mendatang.

“Djarot selama ini dikenal sebagai sosok yang merakyat, sederhana, dan ketulusan untuk “nguwongke wong” menghargai siapapun tanpa nemandang posisi dan kedudukan orang tersebut,” ujar Sekjen Almisbat Hendrik Sirait, di kantor DPP Almisbat, Jakarta Selatan, Kamis (16/6).

Selain itu sambung Hendrik, Kegagalan utama Pilkada adalah bila proses itu tidak mampu memunculkan figur-figur pemimpin yang mampu mengakomodasi kemajemukan dan kepentingan agenda rakyat.

Pada peta politik Pilkada akhir-akhir ini, khususnya di DKI Jakarta, asumsi tadi terlihat menguat. Pilihan partai politik dan terutama warga Jakarta seperti sempit dan/atau bahkan diarahkan pada sosok kandidat tertentu yang selama ini dianggap “paling” kuat, kendati sosok tersebut belum tentu merupakan pilihan yang terbaik.

“Mengingat posisinya sebagai ibu kota Negara, Pilkada DKI Jakarta sejatinya menjadi barometer dan estalase demokrasi di Indonesia. Sebab, fakta Jakarta adalah fakta tentang Indonesia dan ke-Indonesia-an dalam bentuk lain,”tambahnya.

Pada sisi lain, Jakarta adalah himpunan dan sekaligus resultan dari sekian interaksi antar beragam akar sosiologis dari seluruh Indonesia. Terlebih, Jakarta juga menjadi pintu terpenting dalam pergaulan dengan masyarakat internasional, baik dalam kerangka bilateral, regional, maupun multilateral.

Fakta-fakta itu dengan sendirinya membuat dinamika dan problematika di Jakarta begitu berat, khas, dan kompleks. Hal itu pada akhirnya mengisyaratkan bahwa tata kelola DKI Jakarta hanya bisa berhasil dengan kebijakan seorang Pemimpin (Leader) dalam arti kata yang sesungguhnya, bukan pemimpin yang memosisikan dirinya sebagai Boss, Manager, Dealer (pedagang) atau owner (pemilik).

“Dan yang tak kalah penting, Pemimpin itu juga harus memiliki kerendahan hati untuk menghargai dan memanusiakan manusia yang menjadi warganya,”tandasnya.

- Advertisement -
Berita Terbaru
Berita Terkait