Rabu, 7 Desember 22

Akan Dibangun Jalur KA BBIK-Kota Jogja

JOGJA – Bandara Baru Internasional Kulonprogo (BBIK), nantinya selain didukung Jalur Lintas Selatan (JLS), untuk akses menuju bandara itu, juga akan didukung lalur Kereta Api relasi baru Kota Jogja –BBIK. Demikian keterangan Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) DIY.

Ditemui di kantornya (15/03), Hari Agus Tri, Kepala Bidang (Kabid) Angkutan Darat Dishubkominfo DIY menjelaskan bahwa jalur relasi baru tersebut berjarak lima kilometer,  dimulai dari stasiun Kedundang Kecamatan Temon, Kulonprogo, sampai dengan BBIK.

Untuk rel kereta api beserta stasiunnya, saat ini masih dalam tahap pengerjaan oleh PT. KAI Bandung sedangkan untuk penyediaan lahan dari PT. Angkasa Pura DIY. PT. KAI kini tidak hanya berwacana memperpanjang jalur komuter relasi Solo – Jogja – Cilacap, namun juga akan membangun jalur langsung dari pusat kota menuju BBIK. Kabid mengatakan bahwa pembangunan jalur ini bertujuan untuk memberikan alternatif bagi masyarakat melihat bahwa jalur Kota – BBIK yang berkisar 40 kilometer.

“Untuk rel, menggunakan jalur timur – barat, Surabaya sampai Bandung. Untuk masuk bandara ada lagi ke selatan, kira-kira lima kilo nambah rel dari Kedundang. Ini masih dikerjakan PT. KAI Bandung bekerjasama dengan PT. Angkasa Pura, karena bentuk kerjasamanya kan business to business antara BUMN satu dengan yang lain,“ tambah Kabid

- Advertisement -
Berita Terbaru
Berita Terkait